Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hama Rumah Tangga yang Berbahaya bagi Kesehatan

Kompas.com - 26/09/2021, 16:10 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hama merupakan organisme atau hewan yang dapat merugikan sehingga kehadirannya tak diinginkan dalam kegiatan sehari-hari manusia.

Sayangnya, hama bisa hadir di rumah mana pun dan cukup sulit untuk diatasi sepenuhnya. Kehadiran hama di rumah tak hanya mengganggu kenyamanan, tapi juga bisa berisiko pada kesehatan. 

Dilansir dari Beauty Harmony Life, Minggu (26/9/2021), berikut ini beberapa hama rumah tangga yang berbahaya bagi kesehatan

Baca juga: Tanaman Terserang Hama? Ini yang Harus Dilakukan

Tikus

Ilustrasi tikus. PIXABAY/CAPRI23AUTO Ilustrasi tikus.
Tikus adalah salah satu hama rumah tangga yang sering bersembunyi sembari memberi kerusakan secara diam-diam. Hewan pengerat ini juga terkenal membawa penyakit. 

Tikus menimbulkan berbagai risiko kesehatan karena terus-menerus menginjak-injak air seni dan kotorannya sendiri selama menjalani hari-harinya.

Selain risiko kesehatan, tikus juga menyebabkan kerusakan properti yang cukup parah jika dibiarkan terlalu lama. 

Baca juga: Awas, Ini 7 Kebiasan yang Dapat Menarik Tikus ke Masuk ke Rumah

Kecoak

Selanjutnya, hama rumah tangga yang berbahaya bagi kesehatan adalah kecoak. Kecoak dapat menimbulkan kekhawatiran serta mengganggu kesehatan dan kenyamanan di rumah. 

Air seni, kotoran, kecoak mati yang membusuk, dan kulit yang terkelupas dari kecoak bisa membahayakan kesehatan manusia. Hal ini bisa menimbulkan penyakit alergi dan asma. 

Baca juga: Perhatikan, 3 Cara Mencegah Kecoak Datang ke Rumah

Kutu busuk

Ilustrasi kutu busuk.SHUTTERSTOCK/JAREYNOLDS Ilustrasi kutu busuk.
Kutu busuk adalah salah satu hama rumah tangga yang berbahaya bagi kesehatan. Hama ini paling sering bersarang di sofa dan kasur, tapi sulit ditemukan karena berukuran sangat kecil.

Tanda yang paling jelas dari infestasi hama kutu busuk adalah adanya ruam dan bekas gigitan pada kulit. Masalah kesehatan yang paling sering ditimbulkan kutu busuk adalah infeksi kulit, reaksi alergi, dan kesulitan tidur

Baca juga: Jangan Diusir, Ini 3 Hewan Pembasmi Hama di Taman

Kutu

Kutu adalah hama umum bagi pemilik hewan peliharaan karena kutu menggunakan hewan peliharaan sebagai perantara. Kutu dapat menyebabkan rasa gatal yang luar biasa dan infeksi kulit jika gigitannya digaruk.

Hama ini juga mengganggu kesehatan hewan peliharaan. Hewan peliharaan yang terus-menerus gatal atau menggaruk tubuh bisa jadi terkena hama kutu.

Apabila kehadiran hama kutu ini telah menjadi masalah besar di rumah, kamu perlu mengasapi rumah dengan bantuan layanan pengendalian hama. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com