Kompas.com - 25/09/2021, 12:45 WIB
Ilustrasi hama kutu daun pada tanaman. SHUTTERSTOCK/VERA LARINAIlustrasi hama kutu daun pada tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Serangan hama adalah penyebab yang sering diabaikan dari kerusakan atau kematian tanaman hias. Namun, hal ini yang sering terjadi dan membuat pertumbuhan tanaman terhambat.

"Serangan hama pada tanaman merupakan hal yang dan dapat diobati," kata Erin Marino, pakar tanaman dan direktur pemasaran di perusahaan tanaman The Sill yang dilansir dari Well and Good, Sabtu (25/9/2021).

Hama tanaman yang umum termasuk kutu putih, sisik, tungau laba-laba, agas jamur, thrips, dan siput. Hama ini mungkin terdengar menyeramkan, tetapi penting untuk diingat bahwa serangga ini hanya tertarik pada tanaman, bukan Anda, hewan peliharaan, atau furnitur.

Baca juga: Jangan Diusir, Ini 3 Hewan Pembasmi Hama di Taman

Infestasi hama bisa sulit untuk didiagnosis, kata Nick Cutsumpas, pelatih tanaman dan petani perkotaan, karena gejalanya seperti daun kuning, daun rontok, dan perubahan warna mirip dengan yang disebabkan oleh masalah tanaman lain seperti penyiraman yang berlebihan.

"Konon, setiap hama meninggalkan jejak khusus yang unik bagi mereka," katanya.

Misalnya, tungau laba-laba membuat jaring tipis di pangkal dan bagian bawah daun, sementara kutu sisik menempel pada batang dan meninggalkan residu lengket.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Obat bermanfaat untuk hama seperti agas jamur termasuk hidrogen peroksida, direpoting dengan tanah segar, dan perangkap lengket kuning, dapat menghilangkan hama tersebut.

Baca juga: Cara Membasmi Hama Tungau pada Tanaman Cabai

"Ingat, Anda tidak hanya melawan hama yang bisa Anda lihat terbang di sekitar Anda. Anda juga melawan telur dan larva yang ada di dalam tanah," ungkap Cutsumpas.

"Membersihkan daun tanaman Anda secara proaktif dan memastikan tanaman Anda sehat adalah metode pencegahan untuk menjauhkan hama," terang dia.

Hama cenderung menargetkan tanaman yang tidak sehat, jadi semakin kuat tanaman Anda, semakin tidak rentan mereka terhadap serangan.

Cara mencegah hama tanaman

Cutsumpas mencatat bahwa mengecek secara rutin tanaman dapat membantu Anda mengidentifikasi tanda-tanda ini dan, idealnya, menangkapnya lebih awal.

 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.