Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/07/2021, 17:43 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuda dikenal sebagai salah satu hewan yang kuat dan tangguh. Namun, di balik kekuatan dan ketangguhannya, kuda juga memiliki sisi keindahan, pesona, dan kemenarikan. 

Tak heran, kuda menjadi salah satu hewan yang cukup banyak dipelihara. Selain itu, juga berguna membantu kegiatan olahraga dan mengangkut barang lainnya. 

Ada lebih dari 600 ras kuda di dunia saat ini. Setiap ras memiliki pesona dan karakter uniknya masing-masing.

Baca juga: Kenapa Anjing Suka Menjilati Furnitur di Rumah?

Ras-ras ini pun kemudian dikembangbiakan secara selektif dalam beberapa abad terakhir agar terlihat unik untuk mengikuti berbagai pertunjukan kuda lokal.

Namun, jauh sebelum itu, pada ribuan tahun silam, kekaguman dan pesona akan kuda banyak digunakan dalam karya seni budaya dan sastra. Bahkan, beberapa budaya asli menyembah kuda sebagai dewa.

Untuk membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan fakta unik dari kuda-kuda menakjubkan, berikut ini lima ras kuda terindah di dunia dilansir dari Horsey Hooves, Jumat (9/7/2021). 

Baca juga: 5 Tips Siapkan Rumah untuk Sambut Kedatangan Anjing Peliharaan

Friesian

Dianggap sebagai ras kuda paling cantik di dunia. Friesian berasal dari Friesland di Belanda. Friesian dikenal memiliki bulu hitam yang mencolok dan ekor yang panjang.

Friesian awalnya dibiakkan untuk membawa ksatria Eropa abad pertengahan ke dalam pertempuran. Selain itu, Friesian juga digunakan untuk mendukung pertanian Belanda. 

Baca juga: Hati-Hati, Ini Makanan yang Menyebabkan Anjing Diare

Karena penampilannya yang elegan dan gerakannya spektakuler, ras kuda cantik ini sering digunakan untuk menarik kereta paara bangsawan Eropa.

Setelah revolusi industri, Friesian menjadi pilihan populer bagi pengemudi kereta, pelatih kuda, bahkan industri film.

Namun, pada pergantian abad ke-20, ras ini hampir punah dengan hanya tersisa tiga ekor kuda jantan murni. Beruntung, populasi ras Friesian berhasil pulih setelah Perang Dunia II. 

Baca juga: 5 Penyebab Bulu Anjing Rontok

Arabian

Asal usul kuda Arabian berasal dari 3.000 Sebelum Masehi, yang menempatkannya menjadi salah satu ras kuda paling kuno di dunia.

Ciri-ciri indah dan elegan dari ras kuda ini dibentuk oleh suku Beduin nomaden di Arabian Peninsula.

Kuda Arabian memiliki potensi untuk unggul di hampir semua disiplin. Karena staminanya yang luar biasa, kuda-kuda ini sangat dihargai dalam olahraga ketahanan. 

Baca juga: 7 Fakta Menakjubkan Anjing Siberian Husky, Si Serigala yang Ramah

Akhal-Teke

Akhal-Teke adalah salah satu ras kuda kuno dan cantik di dunia. Akhal-Teke dikenal memiliki warna bulu emas yang berkilau dan unik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com