Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/07/2022, 21:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuka bukan hanya dapat digunakan untuk makanan, namun juga sebagai salah satu produk pembersih alami yang ampuh. Akan tetapi, cuka pun bisa digunakan untuk mengusir serangga yang ada di rumah.

Dikutip dari Home Guides SF Gate, Kamis (14/7/2022), menyemprotkan atau menyeka cuka encer pada permukaan akan mencegah semut dan laba-laba, namun jika Anda meletakkan wadah cuka di dekat infestasi lalat buah, lalat kecil tertarik padanya dan tenggelam.

Cuka biasa tidak berbahaya bagi manusia, dan Anda dapat menggunakannya untuk membasmi semut, laba-laba, lalat buah, dan kutu daun di rumah dan bangunan luar ruangan.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Kepala Shower, Rendam di Cuka dan Cola

Ilustrasi semut pada daun tanaman.SHUTTERSTOCK/NECHAEVKON Ilustrasi semut pada daun tanaman.

Cuka untuk mengusir semut

Cuka menghancurkan jejak aroma yang digunakan semut untuk mencari sumber makanan. Semut berkeliling dengan mengikuti jejak aroma yang ditetapkan oleh semut lain.

Bila Anda menyeka permukaan yang dilintasi semut dengan larutan cuka, itu akan membersihkan jejaknya, dan semut akan berhenti melintasi permukaan tersebut.

Encerkan seperempat cangkir cuka putih dalam 2 cangkir air dan tambahkan 10 tetes minyak kayu putih atau minyak peppermint.

Celupkan kain bersih ke dalam larutan dan bersihkan seluruh permukaan. Jangan bilas permukaan dengan air bersih, tetapi biarkan larutan mengering.

Baca juga: Cara Membersihkan Pot Tanaman Pakai Cuka

Mengusir semut dengan cuka adalah solusi sementara. Jika semut mulai kembali, bersihkan permukaannya lagi.

Cuka untuk mengusir laba-laba

Laba-laba sensitif terhadap bau cuka dan rasa asam. Untuk mengusir laba-laba dari sudut dan celah rumah, gudang atau garasi, campurkan larutan air dan cuka putih dengan perbandingan 50:50 ke dalam botol semprot.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com