Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, 2 Serangga Ini Dapat Hidup di Dalam Lemari Pakaian

Kompas.com - 08/06/2022, 09:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari pakaian yang gelap dan lembap tak jarang menjadi tempat sempurna untuk beberapa hama bersembunyi dan berkembang biak.

Beberapa hama serangga dapat hidup di lemari pakaian serta menggerogoti pakaian dan kain yang tersimpan di dalamnya. Untuk itu, penting mengidentifikasi serangga apa saja yang dapat hidup di dalam lemari pakaian.

Nah, dilansir dari Hunker, Rabu (8/6/2022), berikut beberapa serangga yang dapat hidup di dalam lemari pakaian. 

Baca juga: Tips Menjaga Lemari Pakaian Anak Tetap Rapi dan Teratur 

Ngengat pakaian

Ilustrasi lemari pakaian dengan pintu kacaShutterstock/Archi_Viz Ilustrasi lemari pakaian dengan pintu kaca
Sesuai dengan namanya, larva ngengat pakaian adalah serangga perusak yang ada dalam lemari pakaian. Serangga ini dapat memakan pakaian serta biasanya memakan bahan yang berasal dari hewan seperti kulit, wol, sutra, dan bulu.

Lemari dan tempat gelap lainnya tanpa banyak lalu lintas adalah tempat favorit larva. Untuk mengeluarkannya dari lemari, menyingkirkan pakaian yang penuh dengan ngengat pakaian.  

Baca juga: 4 Tips Membuat Lemari Pakaian Tetap Rapi

Jika pakaian rusak tidak dapat diperbaiki, bungkus dan buang. Namun, apabila pakaian masih bisa diperbaiki, cuci dengan air panas dan keringkan di pengering jika petunjuk perawatan memungkinkan. Pembersihan kering bisa membunuh ngengat pakaian. 

Selanjutnya, bersihkan area lemari, termasuk alas dan tepi lemari tempat dinding bertemu dengan lantai. Jika ingin merawat lemari, carilah insektisida yang diformulasikan untuk mengobati kutu atau serangga kain. 

Baca juga: 3 Cara Mencegah Jamur Muncul di Lemari Pakaian 

Kumbang karpet

Ilustrasi lemari pakaian. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi lemari pakaian.
Selama masa dewasanya yang singkat 20-60 hari, kumbang karpet dapat bertelur sebanyak 100 butir. Larva menetas dalam satu atau dua minggu dan Anda dapat memiliki larva hingga satu tahun.

Kumbang karpet dewasa adalah serangga hitam kecil yang sering masuk ke rumah untuk bertelur. Larva adalah cacing kecil yang ditutupi bulu. 

Baca juga: 6 Jenis Pintu Lemari Pakaian yang Dapat Mempercantik Kamar Tidur 

Sulit untuk menyingkirkan infestasi kumbang karpet, terutama jika sudah parah karena harus menyingkirkan telur, larva, dan kumbang karpet dewasa.

Namun, Anda bisa membersihkan lemari pakaian dengan mengvakum dan menguapnya untuk membantu menghilangkan serta membunuh kumbang karpet.

Setelah itu, cuci semua pakaian untuk membantu membunuh serangga. Tambahkan cuka ke dalam siklus pencucian untuk membantu membunuh kumbang karpet. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com