Kompas.com - 05/07/2022, 08:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pisau merupakan peralatan dapur yang sering digunakan. Karena itu, perlu merawat pisau dengan baik demi membuatnya tetap tajam dan awet. 

Perawatan yang salah tak hanya menyebabkan pisau tumpul, tapi juga berkarat dan mengurangi fungsinya. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Mengasah Pisau Dapur agar Kembali Tajam

Karat muncul pada pisau saat diletakkan pada wastafel bersabun, melewati mesin pencuci piring, atau tidak segera dikeringkan,” kata Becky Rapinchuk, penulis dalam website Clean Mama dan penulis Simply Clean dilansir dari The Kitchn, Selasa (5/7/2022).

Karena sebagian besar pisau terbuat dari baja, setiap kali meninggalkan air di atasnya lebih lama dari yang diperlukan, hal ini dapat menimbulkan korosi.

Meski bintik-bintik karat tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan, tetapi ini dapat mempengaruhi kinerja pisau dan dapat tumbuh seiring waktu jika tidak mengatasinya. 

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Karat pada Gunting dan Pisau 

Sangat menggoda untuk menggunakan pembersih komersial dan sabut gosok untuk membersihkan pisau, tapi itu bukan ide terbaik.

“Saya tidak akan menggunakan pembersih apa pun yang tidak aman untuk makanan dan secara khusus diberi label tidak beracun,” kata Rapinchuk. 

Baca juga: Catat, 3 Kebiasaan yang Bikin Pisau Cepat Tumpul dan Rusak 

Perasan air lemon aman untuk pisau berkarat

Ilustrasi lemon. UNSPLASH/JULIA PERETIATKO Ilustrasi lemon.
Untungnya, ada solusi mudah dan aman untuk membersihkan peralatan yang bersinggungan dengan makanan ini.

“Perasaan lemon adalah cara bagus untuk menghilangkan karat dari pisau dapur dengan aman,” ucap Rapinchuk.

Cukup potong lemon dan gosokkan pada sepanjang bilahnya, lalu gosok bilah dengan hati-hati dengan kain lembut atau spons sampai bintik-bintiknya hilang.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Pisau Dapur yang Berkarat 

Jika membutuhkan sedikit kekuatan pembersihan ekstra, celupkan lemon ke dalam garam laut dan gosok kembali pisau. Setelah noda karat hilang, cuci pisau dengan sabun cuci piring dan segera keringkan.

Untuk mencegah noda karat pada pisau ke depannya, Rapinchuk menyarankan selalu membersihkan pisau segera setelah digunakan.

Untuk hasil terbaik, cuci pisau dengan sabun cuci piring, lalu segera keringkan. Jangan pernah memasukkan pisau ke mesin pencuci piring serta merendam pisau di wastafel atau membiarkannya terendam air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Kitchn
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.