Kompas.com - 27/06/2022, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring penggunaan, pisau dapur yang awalnya tajam bisa menjadi tumpul. Tentu saja, pisau yang tumpul bisa menghambat kegiatan memasak atau memotong bahan makanan. 

Selain itu, waktu persiapan makan menjadi lebih lama karena kesulitan mengiris. Bahkan, parahnya, pisau yang tumpul ini bisa meningkatkan risiko jari teriris. 

Baca juga: Catat, 3 Kebiasaan yang Bikin Pisau Cepat Tumpul dan Rusak

Untuk itu, penting menjaga pisau tetap dalam kondisi tajam dengan merawatnya sebaik mungkin. Perawatan yang tepat bisa membuat pisau tetap tajam selama satu tahun. 

Salah satu cara mudah menjaga pisau tetap tajam adalah mengasahnya. Para ahli di Good Housekeeping Institute dan Leiths School of Food and Wine—sekolah memasak asal Inggris—membagikan cara mengasah pisau dapur dikutip dari Good Housekeeping, Senin (27/6/2022). 

Baca juga: Mengapa Pisau Berkarat? Penyebab dan Cara Membersihkannya  

Gunakan baja asah

Ilustrasi pisau, ilustrasi mengasah pisau.SHUTTERSTOCK / Aof Snap Shot Ilustrasi pisau, ilustrasi mengasah pisau.
Mengasah pisau dengan baja asah dapat membantu menjaga bilah pisau tetap tajam. Gunakan baja asah yang lebih panjang dari pisau. 

Menurut Ben Blackburn, pengajar di Leiths School of Food and Wine, untuk pisau baru, Anda tidak perlu mengasahnya selama beberapa bulan, bahkan jika menggunakan pisau setiap hari.

Kuncinya, menggunakan baja asah sebelum dan setelah memasak setiap hari. Ini akan mempertahankan tepi pisau tetap tajam. Menggunakan baja asah terlalu sering dapat menyebabkan pengikisan mata pisau. 

Baca juga: Kenali, 5 Tanda Pisau Dapur Harus Segera Diganti

Asah pisau 

Saat mengasah pisau, pegang pisau pada baja yang diasah pada suhu sekitar 22,5 derajat. Gesek pisau ke bawah dan ke seluruh panjang baja. Tidak perlu menggunakan kekuatan, biarkan berat pisau mengerjakannya itu. 

Ben mengatakan, meski melihat banyak koki papan atas mengasah pisau dengan kecepatan tinggi, sebaiknya tidak perlu mencoba melakukannya.

Sebab, ini akan membuat Anda salah menghitung sudut pisau untuk bertemu dengan baja sehingga menyebabkan pisau tumpul. 

Baca juga: 4 Jenis Pisau yang Wajib Dimiliki Setiap Dapur

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.