Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Ini Cara Menghilangkan Karat pada Pisau Dapur

Perawatan yang salah tak hanya menyebabkan pisau tumpul, tapi juga berkarat dan mengurangi fungsinya. 

“Karat muncul pada pisau saat diletakkan pada wastafel bersabun, melewati mesin pencuci piring, atau tidak segera dikeringkan,” kata Becky Rapinchuk, penulis dalam website Clean Mama dan penulis Simply Clean dilansir dari The Kitchn, Selasa (5/7/2022).

Karena sebagian besar pisau terbuat dari baja, setiap kali meninggalkan air di atasnya lebih lama dari yang diperlukan, hal ini dapat menimbulkan korosi.

Meski bintik-bintik karat tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan, tetapi ini dapat mempengaruhi kinerja pisau dan dapat tumbuh seiring waktu jika tidak mengatasinya. 

Sangat menggoda untuk menggunakan pembersih komersial dan sabut gosok untuk membersihkan pisau, tapi itu bukan ide terbaik.

“Saya tidak akan menggunakan pembersih apa pun yang tidak aman untuk makanan dan secara khusus diberi label tidak beracun,” kata Rapinchuk. 

“Perasaan lemon adalah cara bagus untuk menghilangkan karat dari pisau dapur dengan aman,” ucap Rapinchuk.

Cukup potong lemon dan gosokkan pada sepanjang bilahnya, lalu gosok bilah dengan hati-hati dengan kain lembut atau spons sampai bintik-bintiknya hilang.

Jika membutuhkan sedikit kekuatan pembersihan ekstra, celupkan lemon ke dalam garam laut dan gosok kembali pisau. Setelah noda karat hilang, cuci pisau dengan sabun cuci piring dan segera keringkan.

Untuk mencegah noda karat pada pisau ke depannya, Rapinchuk menyarankan selalu membersihkan pisau segera setelah digunakan.

Untuk hasil terbaik, cuci pisau dengan sabun cuci piring, lalu segera keringkan. Jangan pernah memasukkan pisau ke mesin pencuci piring serta merendam pisau di wastafel atau membiarkannya terendam air.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/05/085600476/simak-ini-cara-menghilangkan-karat-pada-pisau-dapur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke