Kompas.com - 05/07/2022, 07:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kain pel digunakan secara rutin untuk menjaga lantai rumah tetap bersih. Sebab, lalu lintas berjalan kaki antarruangan dapat menyebabkan kotoran dan kuman di rumah.

Bahkan, bila Anda sudah menyapu atau menyedot debut secara teratur pun, mengepel adalah cara terbaik untuk membersihkan lantai.

Dikutip dari The Spruce, Selasa (5/7/2022), kekhawatiran umum tentang mengepel lantai adalah efektivitas kain pel. Kain pel yang kotor hanya akan memindahkan kotoran di rumah dan tidak membersihkan lantai.

Baca juga: Simak, Ini Cara Aman Mengepel Lantai Marmer

Ilustrasi mengepel lantai, kain pel. SHUTTERSTOCK/DIEGO CERVO Ilustrasi mengepel lantai, kain pel.

Kain pel yang bersih dan teknik mengepel lantai yang efektif akan menghilangkan kotoran dan kuman di lantai.

Begitu jamur mulai tumbuh, kain pel tidak lagi efektif sebagai alat pembersih. Mengepel lantai menggunakan kain pel yang ditumbuhi jamur akan menyebarkan bakteri dan bau tidak sedap di rumah.

Cara membersihkan kain pel agar tidak bau dan berjamur

Ada beberapa langkah mudah untuk menjaga kebersihan kain pel sehingga efektif membersihkan lantai, serta tidak bau dan berjamur.

1. Bilas kain pel secara menyeluruh setelah setiap kali digunakan

Setelah selesai mengepel lantai, bilas kain pel dari semua sisa larutan pembersih dan kotoran sampai benar-benar bersih.

 

Baca juga: Simak, Ini Cara Mengepel Lantai Menggunakan Detergen Cair

Jejak kotoran yang menempel di kain pel akan menyebarkan kotoran pada penggunaan berikutnya, sementara sisa sabun pembersih lantai bisa merusak kain pel.

2. Mencuci kain pel

Jika kain pel bisa dicuci dengan mesin cuci, maka gunakanlah untuk membersihkannya. Siklus pencucian lembut pada suhu terpanas mesin cuci biasanya dianjurkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Spruce
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.