Kompas.com - 04/07/2022, 20:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada 2020, limbah makanan berkontribasi sebanyak 40,18 persen terhadap peningkatkan jumlah sampah di Indonesia.

Bahkan, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mencatat 61 persen limbah makanan di dunia berasal dari rumah tangga seperti makanan yang dibuang karena sudah kedaluwarsa, tidak layak dikonsumsi, atau tidak habis dikonsumsi. 

Baca juga: 6 Cara Mengurangi Limbah Makanan Rumah Tangga

Karena itu, penting mengurangi limbah makanan dalam rumah tangga dengan menghindari kebiasaan yang dapat menghasilkan banyak limbah. 

Disadur dari Real Simple, Senin (4/7/2022), berikut beberapa kebiasaan yang dapat memperbanyak limbah makanan. 

Belanja saat lapar

Ilustrasi belanjaan.Maria Lin Kim/ Unsplash Ilustrasi belanjaan.

Margie Saidel, Wakil Presiden Nutrisi & Keberlanjutan untuk Chartwells K12, mengungkapkan kebiasaan belanja saat lapar dapat menghasilkan banyak limbah makanan dalam rumah tangga.

“Ini dapat menyebabkan pembelian impulsif, keranjang belanja yang terlalu penuh, dan lebih banyak makanan yang dapat dikonsumsi sebelum masa kedaluwarsanya,” paparnya. 

Saidel merekomendasikan membuat rencana makan dan daftar belanjaan yang sesuai. Ini bisa menghemat waktu belanja serta uang. 

Baca juga: Jangan Dibuang, Ini Cara Mengolah Sampah Skincare

Belanja karena sedang diskon

Melakukan beragam cara menghemat uang memang ide bagus, tetapi hati-hati ketika membeli makanan hanya karena sedang diskon.

“Jika tidak ada rencana untuk bagaimana dan kapan akan menggunakannya, ada kemungkinan besar kamu akan membuangnya,” kata Saidel. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.