Kompas.com - 04/07/2022, 18:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hal pertama menciptakan rumah yang layak huni dan berfungsi adalah menjaganya agar tidak berantakan.

Namun, ada beberapa kesalahan dekorasi yang bisa menyebabkan ruangan di dalam rumah berantakan seperti karya seni serta kabel peralatan elektronik yang berserakan. 

Untuk menjaga rumah tetap rapi dan terorganisir, berikut beberapa hal yang harus dan tidak boleh dilakukan saat mendekorasi ruangan dilansir dari Southern Living, Senin (4/7/2022). 

Baca juga: 4 Tips Menerapkan Desain Wabi Sabi di Rumah 

Hindari memenuhi ruangan

Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi gorden atau tirai di ruang keluarga, ilustrasi sofa modularShutterstock/Svet_Feo Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi gorden atau tirai di ruang keluarga, ilustrasi sofa modular
Benda terbesar yang ada di dalam ruangan adalah furnitur. Dua hal yang perlu dipikirkan saat menatanya adalah skala dan penempatan.

Furnitur yang terlalu besar dapat membuat kewalahan sehingga pastikan furnitur sesuai dengan ukuran ruangan dan bagian lain dalam ruangan itu. 

Setelah itu, sebaiknya lebih memilih beberapa furnitur apung sehingga tidak memakan ruang dan memudahkan pembersihan lantai. 

Baca juga: 4 Tips Menciptakan Dapur Minimalis yang Bebas Berantakan 

Pertimbangkan pemilihan tekstil

Selanjutnya, pikirkan tentang tekstil. Sarung bantal yang tidak sesuai dapat membuat tampilan ruangan terlihat berantakan.

Lipat dengan rapi dan ratakan selimut. Hal yang tak kalah penting adalah meletakkan bantal dengan hati-hati sehingga tidak menambah kesan berantakan.  

Jangan abaikan pintu masuk

Ini adalah ruang pertama yang akan dilihat para tamu. Karena itu, harus menata dan merapikan dengan baik agar terasa mengundang, fungsional, dan representasi dari rumah keluarga Anda. 

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Kabel Charger Berantakan di Rumah 

Perhatikan kabel peralatan elektronik

Ilustrasi kabel ekstensi, Ilustrasi menggunakan dua kabel ekstensi secara bersamaan.Shutterstock/Shawn Hempel Ilustrasi kabel ekstensi, Ilustrasi menggunakan dua kabel ekstensi secara bersamaan.
Kabel dan colokan dari peralatan elektronik bisa menyebabkan ruangan semakin berantakan. Karena itu, perlu merapikan dan menyembunyikannya agar tidak terlihat jelas di ruangan.  

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.