Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/06/2022, 17:10 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pisau adalah salah satu peralatan dapur paling sering digunakan. Namun, sebagian besar orang tidak merawat pisau dapur dengan baik.

Bahkan, terkadang beberapa orang mencucinya ke dalam mesin pencuci piring dan menyimpannya dalam laci yang sebenarnya tidak diperbolehkan.

Untuk mengatasinya, dilansir dari Architectural Digest, Kamis (9/6/2022), berikut beberapa cara membersihkan pisau dapur

Baca juga: 3 Kekurangan Menggunakan Blok Pisau sebagai Tempat Penyimpanan 

Cuka putih

Ilustrasi cuka putih. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi cuka putih.
Untuk mengatasi pisau yang berkarat, rendam pisau ke dalam semangkuk cuka dan biarkan semalaman. Setelah terendam, keluarkan pisau dan gosok karat dengan wol baja atau sikat kawat. Bahkan mungkin memerlukan sedikit minyak siku.

Apabila masih ada beberapa noda karat, ulangi proses pembersihan dan rendam pisau lebih lama. Setelah semua karat hilang, bersihkan dengan sabun cuci piring dan air, lalu keringkan secara menyeluruh. 

Baca juga: Kenali, 5 Tanda Pisau Dapur Harus Segera Diganti  

Baking soda 

Baking soda bekerja baik pada barang-barang dengan noda karat ringan serta barang-barang yang terbuat dari logam tipis.

Campur air dan baking soda, lalu aduk hingga menjadi pasta kental, dan oleskan pasta ke seluruh permukaan logam. Pastikan noda karat tertutup pasta dengan baik.

Biarkan pasta menempel pada objek selama sekitar satu jam. Gunakan wol baja atau sikat kawat untuk menggosok benda serta menghilangkan karatnya. Setelah itu, bilas pasta dengan air dan keringkan secara menyeluruh. 

Baca juga: 7 Benda yang Bisa Dibersihkan dengan Baking Soda dan Cuka Putih 

Lemon dan garam

Sebagian orang meyakini minum air lemon untuk asam lambung dapat membantu meredakan gejalanya. Adapun refluks asam, atau asam lambung naik, terjadi saat asam yang ada di perut kita mengalir naik ke kerongkongan.PEXELS/RODNAE PRODUCTION Sebagian orang meyakini minum air lemon untuk asam lambung dapat membantu meredakan gejalanya. Adapun refluks asam, atau asam lambung naik, terjadi saat asam yang ada di perut kita mengalir naik ke kerongkongan.
Gabungkan keasaman lemon dengan garam untuk mengatasi bintik-bintik karat kecil pada pisau dapur. Tutupi bagian pisau yabf berkarat dengan garam, lalu peras lemon di atasnya, dan biarkan campuran garam dan lemon selama sekitar dua jam.

Selanjutnya, gosok pisau dengan kulit lemon hingga bersih. Namun, apabila ada noda membandel, gunakan wol baja atau sikat kawat, dan bilas pisau dapur secara menyeluruh. 

Baca juga: 3 Cara Sederhana Mengasah Pisau Dapur yang Tumpul  

Sabun cuci piring dan kentang 

Kentang mengandung asam oksalat yang merupakan bahan utama dalam banyak produk pembersih. Asam oksalat mampu melarutkan karat.

Gunakan kentang bersama sabun cuci piring biasa untuk menggosok karat. Caranya, potong kentang menjadi dua bagian, tutup bagian yang dipotong dengan sabun cuci piring, dan taburkan garam atau baking soda ke kentang.

Garam atau baking soda bertindak sebagai abrasif ringan untuk membantu mengikis karat saat larut. Setelah itu, gosok bagian yang berkarat dengan kentang, bilas, dan keringkan dengan baik. 

Baca juga: 5 Penyebab Pisau Dapur Tumpul dan Rusak 

Asam sitrat

Asam sitrat tak hanya bekerja menghilangkan karat, tetapi juga akan menghilangkan cat dan lapisan noda lainnya.

Tambahkan tiga sendok makan asam sitrat ke dalam semangkuk air panas dan rendam pisau dapur yang berkarat selama semalaman.

Keesokan paginya, gosok karat yang baru saja larut hingga bersih, lalu bilas, serta keringkan pisau dengan baik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com