Kompas.com - 03/07/2022, 19:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Seiring waktu, tampilan eksterior rumah yang mulai terlihat membosankan dan kusam membuat beberapa orang memutuskan merenovasinya.

Merenovasi eksterior rumah tidak hanya sebatas mengubah tampilan bangunan, tetapi juga menghadirkan sesuatu yang baru, entah itu area untuk bersantai, memperbaikan lanskap, maupun menambahan fitur hiburan seperti kolam renang.

Baca juga: Bolehkah Menggunakan Cat Dinding Interior untuk Eksterior Rumah?

Akan tetapi, seperti disadur dari Realtor, Minggu (3/7/2022), ada beberapa hal yang sering dilupakan saat merenovasi eksterior rumah sehingga membuat kegiatan menjadi kurang nyaman.

Pencahayaan yang tepat

 

Ilustrasi halaman rumah.SHUTTERSTOCK / wavebreakmedia Ilustrasi halaman rumah.
Menghadirkan pencahayaan yang tepat di halaman rumah ternyata menjadi salah satu hal yang kerap dilewati orang-orang saat merenovasi rumah.

Direktur Perumahan Hardscapes di Belgard, Joe Raboine, mengungkapkan banyak pemilik rumah menghabiskan waktu dan uang untuk menciptakan area di luar ruangan, tetapi melupakan elemen kunci ini.

Pertimbangkan dulu bagaimana kamu akan menggunakan halaman rumah. Jika ingin tamu berlama-lama menghabiskan waktu di sana, beri pencahayaan redup di sekitar area tempat duduk.

Untuk kegiatan barbercue yang melibatkan banyak permainan hingga larut malam, terangi semua area dengan pencahayaan string. 

Baca juga: 5 Tips Pencahayaan Kamar Mandi untuk Efek Seperti Spa

Aliran listrik

Hal buruk yang bisa terjadi saat merenovasi eksterior rumah adalah sudah merencanakan tata letak teras, pencahayaan untuk mempercantik area kebun, tetapi melupakan aliran listrik. 

“Pastikan memasang beberapa outlet listrik untuk penerangan tambahan atau hanya sekadar untuk bekerja dengan laptop,” imbau Leslie Saul, arsitek dan desainer interior.

Baca juga: 4 Tips Meningkatkan Eksterior Rumah agar Terlihat Menarik

Posisi matahari

Ilustrasi patio berlantai beton.SHUTTERSTOCK / Artazum Ilustrasi patio berlantai beton.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Realtor
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.