Kompas.com - 26/06/2022, 18:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tanaman dengan metode hidroponik semakin populer dan terus berkembang pesat hingga sekarang ini sejak pertama kali diperkenalkan W.F. Gericke—seorang agronomis dari University of California, Amerika Serikat, pada 1936.

Hidroponik merupakan metode menanam tanaman menggunakan air sebagai media tanam sekaligus menyediakan nutrisi untuk pertumbuhan tanaman. 

Baca juga: Metode Hidroponik, Solusi Berkebun di Lahan Sempit Perkotaan

Metode bercocok tanam tanpa menggunakan tanah ini diminati banyak masyarakat urban atau perkotaaan lantaran bisa dilakukan di lahan terbatas atau sempit seperti apartemen serta minim perawatan. 

Tjatur Prasetijono, penggiat tanaman hidroponik sekaligus founder Simon Peter Hidroponik—media dan situs belanja perlengkapan hidroponik— menanam tanaman dengan metode hidroponik lebih mudah dibanding metode konvensional atau menggunakan tanah. 

Baca juga: Wajib Punya, Ini 5 Peralatan Berkebun Hidroponik untuk Pemula

"Sebab, nutrisi tanaman sudah pasti tercukupi oleh pupuk AB mix yang kandungannya sangat lengkap, baik unsur hara mikro maupun makro, sehingga tanaman lebih subur dan cepat pertumbuhannya," ucap pria yang telah menanam dengan sistem hidroponik sejak 2015, dihubungi Kompas.com lewat pesan singkat, Minggu (26/6/2022). 

Selain itu, menurut Tjatur, menanam tanaman dengan metode hidroponik menawarkan sejumlah keuntungan daripada menanam langsung pada tanah. 

Berikut sejumlah keuntungan dan kekurangan menanam tanaman dengan sistem hidroponik. 

Baca juga: Ketahui, Jenis Tanaman yang Cocok Ditanam Secara Hidroponik 

Keuntungan menanam dengan sistem hidroponik 

Ilustrasi hidroponik, Ilustrasi menanam tanaman dengan metode hidroponik.Shutterstock/naramit Ilustrasi hidroponik, Ilustrasi menanam tanaman dengan metode hidroponik.
1. Metode hidroponik bisa dilakukan dilahan terbatas dan area rumah mana pun seperti balkon, halaman rumah, atap dak beton, maupun di dalam ruangan dekat jendela. '

2. Dibanding menanam langsung ke tanah, metode hidroponik menghemat penggunaan air hingga 90 persen karena air sebagai media tanam tidak disirkulasi atau terbuang ke tanah.

3. Proses semai dapat dilakukan di dalam rumah sambil melakukan kegiatan seperti menonton TV atau bercengkerama bersama keluarga karena media tanam yang bersih dan higenis.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.