Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Keuntungan dan Kelebihan Menanam Tanaman dengan Metode Hidroponik

Hidroponik merupakan metode menanam tanaman menggunakan air sebagai media tanam sekaligus menyediakan nutrisi untuk pertumbuhan tanaman. 

Metode bercocok tanam tanpa menggunakan tanah ini diminati banyak masyarakat urban atau perkotaaan lantaran bisa dilakukan di lahan terbatas atau sempit seperti apartemen serta minim perawatan. 

Tjatur Prasetijono, penggiat tanaman hidroponik sekaligus founder Simon Peter Hidroponik—media dan situs belanja perlengkapan hidroponik— menanam tanaman dengan metode hidroponik lebih mudah dibanding metode konvensional atau menggunakan tanah. 

"Sebab, nutrisi tanaman sudah pasti tercukupi oleh pupuk AB mix yang kandungannya sangat lengkap, baik unsur hara mikro maupun makro, sehingga tanaman lebih subur dan cepat pertumbuhannya," ucap pria yang telah menanam dengan sistem hidroponik sejak 2015, dihubungi Kompas.com lewat pesan singkat, Minggu (26/6/2022). 

Selain itu, menurut Tjatur, menanam tanaman dengan metode hidroponik menawarkan sejumlah keuntungan daripada menanam langsung pada tanah. 

Berikut sejumlah keuntungan dan kekurangan menanam tanaman dengan sistem hidroponik. 

2. Dibanding menanam langsung ke tanah, metode hidroponik menghemat penggunaan air hingga 90 persen karena air sebagai media tanam tidak disirkulasi atau terbuang ke tanah.

3. Proses semai dapat dilakukan di dalam rumah sambil melakukan kegiatan seperti menonton TV atau bercengkerama bersama keluarga karena media tanam yang bersih dan higenis.

4. Lantaran tidak menggunakan tanah, tanaman terhindar dari risiko penyakit atau hama yang biasanya berasal dari tanah. 

5. Tidak perlu mencangkul maupun membersihkan rumput atau gulma yang biasa dilakukan menanam pada tanah.

6. Terhindar dari potensi kontaminasi tanah yang tercemar logam berat maupun polutan lainnya, terutama bila menanam di daerah bantaran sungai perkotaan atau daerah dekat kawasan industri.

7. Metode hidroponik menghasilkan tanaman yang lebih bersih dan higenis.

8. Harga jual tanaman hidroponik jauh lebih tinggi. 

Kekurangan menanam dengan sistem hidroponik

1. Metode hidroponik memerlukan biaya lebih tinggi karena membutuhkan pembelian peralatan yang lebih banyak. 

2. Sistem hidroponik membutuhkan keahlian khusus untuk meramu nutrisi, yakni air sebagai media tanam. 

3. Metode hidroponik memerlukan pengawasan lebih intensif agar sistem berjalan dengan baik seperti tidak terjadi kehabisan air akibat penguapan, diserap tanaman, maupun adanya kebocoran wadah. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/26/185100876/keuntungan-dan-kelebihan-menanam-tanaman-dengan-metode-hidroponik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke