Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/12/2021, 08:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam cabai di rumah banyak dilakukan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan bumbu masakan tersebut. Nah, jika Anda ingin menanam cabai di halaman rumah tanpa lahan luas, Anda dapat menggunakan sistem hidroponik.

Menanam cabai dengan sistem hidroponik tidak terlalu sulit. Hasilnya pun cukup memuaskan.

Dilansir dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Jumat (31/12/2021), berikut cara menanam cabai hidroponik yang dapat dilakukan di halaman rumah.

Baca juga: Catat, Ini Cara Mengatasi Busuk Buah pada Tanaman Cabai

Ilustrasi tanaman cabai rawit. SHUTTERSTOCK/PRISPIM Ilustrasi tanaman cabai rawit.

1. Pemilihan bibit cabai

Terdapat dua jenis cabai yang bisa Anda pilih, yaitu hibrida dan cabai lokal. Cabai lokal merupakan jenis cabai yang sangat mudah dibudidayakan di Indonesia karena lebih mudah tumbuh dan beradaptasi dengan iklim serta jenis tanah.

Akan tetapi, untuk hasil cabai yang berkualitas, bibit hibrida lebih diunggulkan dibandingan bibit lokal.

2. Proses penyemaian bibit cabai

Tahap penyemaian bibit cabai hidroponik adalah pertama, pilih tempat yang akan digunakan dalam penyemaian, berupa polybag dengan ukuran kecil, baki serta petakan tanah.

Kemudian, siapkan media semai yaitu campuran tanah humus, arang sekam dan pupuk kandang kering dengan perbandingan 3 : 1 : 1 secara merata. Setelah itu, isi ke dalam tempat semai yang Anda pilih, jangan terlalu penuh.

Baca juga: 9 Kiat Perawatan Tanaman Cabai di Musim Hujan

Taburkan bibit ke dalam tempat semai yang sudah diisikan dengan media semai. Berikan ruang yang lebar didalam tempat semai agar calon tanaman cabai memperoleh ruang untuk tumbuh maksimal.

Lakukan penyiraman setiap hari pada pagi dan sore. Tunggu hingga bibit tumbuh tunas sekitar umur 25 sampai 30 hari bibit siap dipindahkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com