Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Hias Indoor yang Akan Populer pada 2022

Kompas.com - 30/12/2021, 20:40 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Tanaman tak hanya berguna sebagai hiasan atau penyejuk mata, tapi juga bermanfaat menghilangkan stres dan penat, membersihkan udara, sertamengajarkan diri untuk bertanggung jawab agar tanaman bisa bertahan lama dan tumbuh subur.

Nah, jika pada 2021 monstera masih menjadi primadona tanaman hias, bagaimana pada 2022?

Melansir dari The Spurce, Jumat (31/12/2021), berikut daftar tanaman hias indoor yang akan populer pada 2022.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Berduri yang Dapat Mempercantik Teras Rumah

Rare Aroids

Memang memiliki tanaman langka adalah kepuasan tersendiri. Namun, tentunya tanaman langka ini datang dengan harga yang tak murah. Salah satu jenis tanaman langkah yang akan tren di tahun 2022 adalah Rare Aroids.

“Di antara kolektor tanaman, varietas aroid langka dan jarang ditemukan (khususnya Alocasia, Epipremnum, Monstera, Philodendron, Rhaphidophora, Scindapsus, dll.) masih diinginkan oleh banyak orang,” kata Justin Hancock, manajer pemasaran senior di Costa Farms.

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Cocok untuk Kepribadianmu

Tanaman berdaun merah dan ungu

Orang-orang menyukai tanaman berwarna-warni. Mereka sepertinya menambahkan sesuatu yang istimewa di lautan hijau pekarangan rumah Anda.

Banyak pecinta tanaman akan memilih menghiasi rumahnya dengan tanaman hias indoor berwarna ungu atau merah.

"Tanaman berwarna merah mudah juga masih jadi tren. Namun tren warna tanaman yang akan datang seperti ungu dan merah juga banyak peminatnya," ungkap Hancock.

Beberapa varietas berwarna merah dan ungu misalnya Costus erythrophyllus 'Two Toner' (yang menampilkan daun berwarna merah-ungu yang indah), Peperomia caperata 'Schumi Red' (yang memiliki dedaunan merah-ungu berkilau), dan Geogenanthus ciliatus (a Tradescantia kerabat yang menawarkan dedaunan ungu-hitam).

Baca juga: Stop Meletakkan Tanaman Hias Dekat AC, Ini Alasannya

Memilih tanaman yang disukai bukan hanya tren

“Berdasarkan beberapa pesan yang kami terima dan percakapan yang kami lihat di media sosial, sepertinya semakin banyak pecinta tanaman yang akan fokus menanam tanaman yang mereka sukai, daripada hanya mendapatkan sesuatu yang baru karena trendi dan ingin dipamerkan,"kata Hancock.

Tanaman herbal dan sayuran

Menurut Lindsay Pangborn, ahli berkebun di Bloomscape, banyak orang g menghabiskan lebih banyak waktu di rumah sehingga masuk akal jika mereka ingin membawa alam bebas ke dalam suasana rumahnya.

“Ketika tukang kebun menjadi lebih percaya diri dengan keterampilan mereka, mereka akan mencari tantangan baru. Langkah alami berikutnya adalah menanam herba dan sayuran dalam ruangan, yang memiliki manfaat tambahan untuk dikonsumsi, bukan hanya untuk dikagumi," catat Pangborn.

Baca juga: Mau Pindah Rumah? Begini Cara Mengemas Tanaman Hias yang Benar

Tanaman dengan perawatan rendah

Banyak pecinta tanaman pemula yang baru menyadari bahwa memelihara tanaman juga membutuhkan sejumlah perawatan yang tak mudah. Terlebih itu adalah tanaman-tanaman yang trendi dan populer.

Namun, di tahun 2022 mendatang diprediksi banyak orang akan mulai beralih ke tanaman dengan perawatan rendah untuk menghemat waktu, tenaga, dan tentunya anggaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com