Kompas.com - 28/05/2022, 18:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menghabiskan waktu santai di teras atau halaman rumah sangatlah menyenangkan. Namun, kondisi bisa berbalik menjadi tidak menyenangkan jika ada nyamuk di halaman rumah atau teras rumah Anda.

Akan tetapi, jangan khawatir. Sebab, ada solusi sederhana untuk memastikan teras dan halaman rumah Anda bebas nyamuk, yakni meletakkan atau menanam tanaman pengusir nyamuk.

Dilansir Balcony Garden Web, Sabtu (28/5/2022), berikut beberapa tanaman pengusir nyamuk terbaik di halaman rumah.

Baca juga: Mempercantik Ruangan, 8 Tanaman Hias Minim Perawatan untuk Meja Kerja

Ilustrasi tanaman serai di pot. SHUTTERSTOCK/TRAVEL_MASTER Ilustrasi tanaman serai di pot.

1. Serai (Cymbopogon)

Serai banyak digunakan dalam formulasi produk anti nyamuk. Senyawa yang ada di dalamnya, seperti geraniol dan sitronelol, dapat mengusir nyamuk.

Dapatkan minyak dengan menghancurkan daun serai dan oleskan ke kulit Anda untuk mengusir nyamuk.

2. Calendula (Calendula officinalis)

Calendula mengeluarkan aroma kuat yang khas, yang membuat nyamuk menjauh dari sekitarnya. Tanaman bunga ini mengandung senyawa piretrum, yang digunakan sebagai pengusir nyamuk.

Menurut sebuah penelitian, minyak atsiri calendula dapat memberi Anda perlindungan 2,15 jam dari nyamuk, menjadikannya salah satu tanaman pengusir nyamuk terbaik. Tempatkan tanaman bunga calendula dalam pot di pintu masuk rumah.

Baca juga: Tidur Lebih Nyenyak dengan Meletakkan 6 Tanaman Hias Ini di Kamar

3. Catnip (Nepeta cataria)

Catnip adalah salah satu tanaman pengusir nyamuk terbaik. Tanaman yang disukai kucing ini mengandung senyawa kimia nepetalactone, yang juga mengusir kecoak.

Bau catnip 10 kali lebih efektif untuk mengusir nyamuk. Isi stoples dengan minyak zaitun dan daun catnip cincang dan kocok rata.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.