Kompas.com - 28/05/2022, 18:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tumpukan kabel charger atau pengisi daya yang berserakan dapat dengan mudah menjadi bentuk kekacauan yang mengganggu di rumah.

Kabel charger smartphone, laptop, jam tangan, tablet, speaker nirkabel, dan lainnya dapat menjadi gangguan visual ketika kabel mereka tergeletak di mana-mana.

Dilansir Apartment Therapy, Sabtu (28/5/2022) beberapa pakar organisasi teknologi memberikan tips untuk mengatasi kekacauan kabel, seperti berikut ini. 

Baca juga: Mencabut Kabel Colokan Peralatan Elektronik Bisa Menghemat Listrik?

Ilustrasi kabel charger yang berantakan. SHUTTERSTOCK/PHODERSTOCK Ilustrasi kabel charger yang berantakan.

1. Gunakan satu stop kontak untuk beberapa perangkat

Di mana pun ada stop kontak di rumah Anda, mungkin ada sekumpulan kabel yang bergantung di dekatnya.

“Jika mereka tidak memiliki tempat khusus untuk barang-barang tertentu di dalam rumah mereka, mereka cenderung berkumpul di dekat outlet atau tersebar di beberapa tempat di sekitar rumah,” kata Andy Pittman, presiden perusahaan ShelfGenie.

Perusahaan Pittman telah melihat lonjakan minat baru-baru ini dalam opsi penyimpanan multiguna yang membantu mengatur barang-barang penting sehari-hari seperti port USB untuk pengisian daya perangkat dan juga menyembunyikan colokan.

David C Williams, direktur hyper-automation di AT&T, merekomendasikan penggunaan pengisian nirkabel (Wireless Battery Charging). 

Baca juga: 6 Barang Elektronik yang Tak Boleh Dicolok ke Stopkontak Kabel

2. Kabel untuk beberapa perangkat

Williams merekomendasikan untuk membeli kabel yang dapat mengisi daya beberapa perangkat, sehingga Anda memiliki kabel lebih sedikit untuk disimpan.

Keuntungan lainnya, Anda bisa mengisi daya beberapa perangkat dengan waktu yang bersamaan. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.