Kompas.com - 24/05/2022, 23:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain AC, kipas angin gantung juga dapat mengatasi hawa panas dalam ruangan, ditambah tidah mengonsumsi banyak energi listrik.  

Namun, kipas angin gantung tidak benar-benar menurunkan suhu ruangan. Kipas angin bekerja dengan cara yang sama seperti angin, yakni menggerakkan udara di sekitar Anda sehingga membuat dingin ruangan. 

Dilansir dari Choice Magazine, Selasa (24/5/2022), untuk memberikan hasil efektif mengatasi hawa panas di dalam ruangan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli kipas angin gantung seperti berikut ini. 

Baca juga: Kipas Angin Plafon Berbahaya untuk Mereka yang Alergi, Mengapa? 

Ukuran kipas angin gantung 

Ilustrasi kipas angin gantung atau plafon. Shutterstock/Casper1774 Studio Ilustrasi kipas angin gantung atau plafon.
Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah ukuran ruangan. Ukuran kipas angin yang tidak sesuai dengan ruangan, dapat membuatnya tidak bekerja optimal. 

Karena itu, sebaiknya mengukur ruangan terlebih dulu sebelum membeli kipas angin gantung, lalu memilih ukuran kipas yang sesuai.

Sebagian besar produsen kipas angin gantung menyediakan tabel ukuran yang merekomendasikan model optimal berdasarkan ukuran ruangan. 

Baca juga: 6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kipas Angin Plafon

Kipas angin gantung berukuran 132 sentimeter dianggap sebagai ukuran standar. Jika memiliki lebih dari tiga kecepatan, kipas angin gantung ini akan memberikan pergerakan udara yang Anda butuhkan untuk memperoleh tidur malam yang nyaman.

Untung ruangan yang berukuran kecil, kipas angin gantung berukuran 122 sentimeter menjadi pilihan ideal. Ukuran yang lebih kecil dapat memberi Anda kesempatan lebih baik untuk mendapatkan pergerakan udara yang diinginkan, bahkan jika memilih model tiga kecepatan.

Sedangkan itu, kipas angin gantung berukuran di atas 137 sentimeter sangat cocok untuk ruangan yang lebih besar, sekitar 5x5 meter atau lebih besar. 

Kipas angin ini tidak hanya memindahkan udara ke seluruh ruangan, tetapi proporsinya juga sesuai dengan ruangan sehingga akan terlihat bagus.

Baca juga: Cara Membersihkan Kipas Angin Plafon yang Berdebu

 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.