Kompas.com - 23/05/2022, 18:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki rumah yang indah dan nyaman tentunya menjadi impian banyak orang. 

Ada beragam cara mewujudkannya, dari mendesain denah rumah yang memudahkan orang-orang untuk lalu-lalang hingga memilih gaya desain interior yang selaras dengan gaya hidup.

Baca juga: 4 Tips Desain Interior Ruang Tamu Kecil agar Tampak Lebih Besar

Dalam mendesain interior rumah, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan seperti pilihan warna, model dan material furnitur, pencahayaan, dan benda dekoratif.

Untuk itu, tidak boleh sembarangan mendesain interior rumah guna memastikan tampilannya tetap indah dan ruangan tidak terasa sesak.

Disadur dari My Move, Senin (23/5/2022), ada lima prinsip penting dalam desain interior yang perlu diperhatikan saat mendesain rumah seperti di bawah ini.

Baca juga: 5 Alasan Warna Coklat Tetap Digemari dalam Desain Interior Rumah

Kesatuan dan harmoni

Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi ruang tamu, ilustrasi plafon dicat.SHUTTERSTOCK / Archi_Viz Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi ruang tamu, ilustrasi plafon dicat.

Saat mendesain interior rumah, pikirkan rumah sebagai suatu keseluruhan—serangkaian ruang yang dihubungkan oleh lorong dan tangga.

Jadi, gaya dan tema umum perlu diterapkan di semua area, tapi bukan berarti seluruh elemen desain interior harus sama. Hanya saja, mereka harus bekerja sama dan saling melengkapi untuk memperkuat keseluruhan komposisi rumah.

Cara menciptakan alur ini adalah menggunakan warna yang telah dipertimbangkan dengan baik. Skema warna secara umum adalah cara bagus untuk menyatukan ruangan.

Sebagai contoh, kamu dapat memilih tiga atau empat warna dan menggunakannya dalam berbagai rona warna di seluruh rumah. 

Baca juga: 5 Penyebab Kebakaran Listrik di Rumah yang Harus Diwaspadai

Halaman:


Video Pilihan

Sumber My Move
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.