Kompas.com - 23/05/2022, 15:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan peralatan elektronik rumah tangga telah banyak membantu rutinitas pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat. 

Namun, ada beberapa peralatan elektronik mengonsumsi banyak listrik, bahkan meski dalam mode standby atau tidak digunakan, sehingga Anda harus siap membayar tagihan listrik yang mahal. 

Dilansir dari Renonation Singapore, Senin (23/5/2022), berikut enam peralatan elektonik yang mengonsumsi banyak listrik. 

Baca juga: 5 Peralatan Elektronik Rumah Tangga yang Jarang Dibersihkan 

Mesin cuci

Ilustrasi mesin cuci.PlanetCare/ Unsplash Ilustrasi mesin cuci.
Konsumsi daya mesin cuci bukan bersumber dari daya atau konsumsi daya selama mode siaga, tapi mode pencucian yang berbeda.

Mesin cuci memiliki mode pencucian yang berbeda untuk setiap material pakaian. Misalnya, mode pencucian halus untuk mencuci sweater mengonsumsi daya paling tidak terduga. 

Hal ini karena pencucian halus perlu mengubah arah putaran lebih sering daripada pencucian kuat. Setipa kali arah putaran berubah, mesin cuci harus berhenti dan dihidupkan ulang.

Mode "pencucian halus" mengonsumsi lebih banyak daya daripada mode "pencucian lebih kuat". Apabila ingin menghemat listrik, cobalah menghindari penggunaan mode "pencucian halus". 

Baca juga: 4 Perawatan Mesin Cuci untuk Menjaganya Tetap Optimal dan Tahan Lama  

Microwave

Microwave tidak menghabiskan banyak daya selama dicolokkan atau keadaan standby. Konsumsi daya tak terduga sebenarnya ada pada makanan karena prinsip microwave adalah memanaskan makanan dengan cara memanaskan air di dalam makanan.

Jika makanan lebih kering, waktu pemanasan akan lebih lama dan konsumsi listrik akan lebih tinggi.

Anda dapat mencoba memercikkan sedikit air saat makanan kering dan menutup makanan  dapat mempersingkat waktu pemanasan serta mengurangi konsumsi daya listrik. 

Baca juga: 7 Bahan Alami yang Ampuh Menghilangkan Bau Tak Sedap di Microwave

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Renonation
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.