Kompas.com - 21/05/2022, 21:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman sehingga tumbuh dengan cepat dan subur, pemberian pupuk perlu dilakukan. Ada beragam jenis pupuk yang tersedia di toko tanaman, baik pupuk kimia maupun organik.

Jika kamu memilih untuk mencari pupuk organik, garam laut bisa menjadi solusi. Melansir dari SF Gate, Sabtu (21/3/20220), kandungan pada garam laut dapat menyuburkan tanaman. Kamu bisa melarutkannya ke dalam air, atau langsung.

Berikut ini penjelasan tentang khasiat garam laut bagi tanaman dan cara menggunakannya sebagai pupuk.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk dari Ampas Kelapa untuk Menyuburkan Tanah

Alasan menggunakan garam laut sebagai pupuk

Ilustrasi garam epsom. SHUTTERSTOCK/INEWSFOTO Ilustrasi garam epsom.

Demokrat & Chronicle menjelaskan studi dari Italia dan Israel yang menganalisis bagaimana rasa tomat ketika dibuahi dengan dan tanpa larutan garam.

Tomat yang diberikan larutan garam menghasilkan tomat yang lebih enak, ini mungkin disebabkan oleh peningkatan gula dan asam yang dihasilkan oleh garam. Meskipun daun tanaman tomat sedikit terbakar, namun tanaman baik-baik saja.

Selain pada tanaman tomat, garam laut juga dipercaya dapat membuat buah melon menjadi lebih manis dan membuat semak mawat cepat tumbuh. 

Baca juga: Gunakan 4 Jenis Pupuk Ini agar Aglonema Tumbuh Subur

Jika kamu ingin menambahkan garam pada tanaman tomat, sebaiknya gunakan sesuai dosis. Karena terlalu banyak natrium dapat merusak tanaman dan membakar rumput.

Menurut Healthline, garam laut sebagian besar mengandung natrium klorida tetapi juga mengandung zat besi, seng, dan kalium.

Garam laut yang lebih gelap memiliki lebih banyak nutrisi dan zat yang tidak diperlukan, sebaiknya hindari menggunakan garam laut dengan warna gelap.

Baca juga: Mengenal Pupuk Kalsium untuk Tanaman: Manfaat dan Cara Menggunakannya

Cara menyuburkan tanaman dengan garam laut

Selain organik dan lebih mudah didapat, garam laut dapat membantu tanaman menjadi lebih sehat.

Sebelum digunakan sebagai pupuk, garam laut bisa diencerkan terlebih dahulu dengan pupuk cair atau air bersih. Berikut ini adalah cara menggunakannya:

  1. Larutkan garam kedalam sedikit air lalu saring. Siapkan 1 galon air di dalam wadah penyemprot tanaman, lalu tambahkan 1 sdt garam yang sudah dilarutkan tadi.
  2. Jika kamu berencana menggunakan pupuk atau fungisida tambahan, campur sesuai petunjuk pada kemasan dan tambahkan ke alat penyemprot. Lakukan ini setiap beberapa minggu selama musim tanam.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk dari Daun Bambu untuk Menyuburkan Tanaman

Selain dengan cara dilarutkan kamu juga bisa menggunakannya langsung ke media tanah:

  1. Gunakan 1 cangkir garam untuk kebun dengan luas 100kaki. Garuk bagian atas media tanam sekitar 12 inchi, lalu taburkan garam. Siram dengan air hingga garam larut.
  2. Kamu juga bisa menggunakan garam untuk menyuburkan rumput, gunakan 1,4 kg garam untuk 1.500 kaki kebun. Setelah itu nyalakan alat penyiram selama sekitar setengah jam.
  3. Untuk bunga, taburkan 1/2 cangkir sebulan sekali sekitar 3 inci dari pangkal tanaman. Siram secara menyeluruh.
  4. Untuk tanaman sayuran, campurkan 3 sendok makan garam laut ke dalam 1 galon air dan tuangkan ke dalam sprayer. Gunakan campuran ini setiap dua minggu.
  5. Untuk pohon, taburkan sedikit garam laut pada akarnya setiap empat bulan. Tambahkan 2 sendok makan untuk setiap 8 kaki persegi. Siram dengan selang bubbler atau air hujan sesudahnya. Kamu bisa melakukan ini setiap empat bulan.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.