Kompas.com - 21/05/2022, 19:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Bila ada gelas kaca yang pecah di rumah, kamu biasanya membersihkannya dengan menggunakan Vacuum cleaner atau sapu dan pengki?

Tak ada yang salah dari keduanya, tetapi kamu harus hati-hati walau menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan pecahan kaca.

Sebab, ada beberapa jenis vacuum cleaner yang tak aman bila digunakan untuk membersihkan pecahan kaca. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui jenis dan cara menggunakan penyedot debu dengan benar.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (21/5/2022) berikut cara yang aman menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan pecahan kaca di rumah.

Baca juga: Bisakah Membersihkan Pecahan Kaca dengan Vacuum Cleaner?

Memilih vacuum cleaner yang cocok

Di pasaran ada tiga jenis vacuum cleaner dengan model berbeda yakni vacuum genggam, vacuum dengan selang, dan vacuum wet/dry. Hindari menyedot pecahan kaca menggunakan vacuum dengan selang fleksibel.

Alasannya selain bisa membuat selang vacuum rusak dan kehilangan daya hisapnya. Juga berbahaya untukmu karena bila vacuum menyedot pecahan kaca yang besar, pecahan tersebut bisa memotong selang dan melukai tangan.

Selain itu, ada beberapa vacuum cleaner yang memiliki powerhead dengan sikat pengocok yang berguna untuk melonggarkan kotoran pada serat karpet.

Namun, bila digunakan untuk menyedot kaca malah akan membuat pecahannya semakin tersebar ke mana-mana.

Baca juga: Amankah Membasmi Semut di Rumah dengan Vacuum Cleaner?

Cara menggunakan vacuum cleaner genggam

Vacuum cleaner genggam tanpa selang lebih aman untuk menyedot pecahan kaca. Bila kamu ingin menggunakan penyedot debu genggam, sebaiknya pastikan dulu semua filter dan tabung atau tas pengumpul sampah terpasang dengan benar.

Lindungi diri dengan menggunakan sepatu, sarung tangan, dan kaca mata. Bersihkan pecahan kaca dalam keadaan ruangan yang bercahaya terang agar bisa menghindari tangan atau kaki terkena pecahan kaca.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.