Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Pupuk Organik dari Limbah Batang Pisang

Kompas.com - 06/05/2022, 18:52 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Batang pisang yang biasanya teronggok begitu saja di kebun bisa menjadi sangat bermanfaat untuk tanaman. Hal ini karena batang pisang mengandung unsur hara yang berguna untuk pertumbuhan tanaman seperti nitrogen, fosfor, dan kalium.

Apalagi batangnya yang lunak, membuat gedebok mudah untuk terurai di tanah. Sehingga cocok bila dijadikan bahan dasar pembuatan pupuk kompos.

Dilansir dari channel YouTube Petani Kota87, Jumat (6/5/2022) di bawah ini cara mudah membuat pupuk kompos dengan bahan dasar batang pisang agar tanaman subur dan kualitas tanah meningkat.

Baca juga: 7 Manfaat Susu untuk Tanaman dan Berkebun, Jadi Pupuk dan Fungisida

Bahan dan alat

  • Batang pisang
  • Gula merah 200 gram
  • EM4
  • Ember atau bak plastik
  • Kantong plastik
  • Sabit atau parang
  • Tali rafia

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Organik dari Sisa Makanan Dapur

Cara membuat kompos organik dari batang pisang

Ilustrasi penggunaan ampas kopi sebagai pupuk tanaman. SHUTTERSTOCK/NOR GAL Ilustrasi penggunaan ampas kopi sebagai pupuk tanaman.

  1. Ambil batang pisang, ember plastik, dan parang atau sabit. Kemudian cacah kecil-kecil batang pisang dengan menggunakan parang. Masukkan ke dalam ember atau bak plastik sampai penuh.
  2. Larutkan gula merah 200 gram ke dalam 1 liter air.
  3. Masukkan satu tutup botol EM4 ke dalam larutan gula merah. Aduk-aduk hingga kedua bahan tersebut tercampur merata.
  4. Tuangkan sedikit demi sedikit larutan EM4 dan gula merah ke cacahan batang pohon. Jangan lupa untuk mengaduk-aduknya agar tercampur merata.
  5. Selanjutnya masukkan cacahan batang pisang ke dalam plastik hitam. Hentak-hentakkan plastik agar semua bagian plastik terisi. Kemudian ikat plastik dengan tali rafia. Pastikan tidak ada udara di dalam plastik.
  6. Simpan ke dalam ruang gelap selama 2-4 minggu untuk proses fermentasi.
  7. Setelah proses fermentasi selesai, cacahan batang pisang akan mengalami perubahan warna dan bentuk. Selanjutnya kamu bisa menggunakan kompos organik ini pada media tanam.

Baca juga: Cara Memanfaatkan Ampas Kopi untuk Membuat Kompos dan Pupuk Tanaman

Manfaat menggunakan kompos batang pisang

Batang pisang bisa menjadi sumber hara bagi tanaman karena mengandung beberapa unsur penting seperti nitrogen dan kalium.

Menggunakan batang pisang sebagai kompos juga akan membuat mikroorganisme di dalam tanah seperti cacing bisa berkembang dengan baik. Sehingga bisa meningkatkan kualitas tanah.

Selain ramah lingkungan, pupuk kompos yang satu ini juga murah dan mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Sebab, tak memerlukan alat canggih untuk proses pembuatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com