Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/04/2022, 03:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mikroorganisme lokal (MOL) dalam bentuk pupuk organik cair adalah larutan hasil fermentasi yang berbahan dasar dari berbagai sumber daya yang tersedia.

Dilansir laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Senin (25/4/2022), larutan MOL mengandung unsur mikro dan makro dan juga mengandung bakteri yang berpotensi sebagai perombak bahan organik, perangsang tumbuhan, dan sebagai agens pengendali hama dan penyakit tanaman.

Dengan demikian, MOL dapat digunakan baik sebagai pendekomposer pupuk hayati dan sebagai pestisida organik, terutama sebagai fungisida. Salah satu aktivator yang cukup murah adalah larutan MOL.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Kompos dari Limbah Eceng Gondok

Ilustrasi menyemprotkan pupuk cair pada tanaman bunga. SHUTTERSTOCK/SAVANEVICH VIKTAR Ilustrasi menyemprotkan pupuk cair pada tanaman bunga.

Tiga bahan utama dalam larutan MOL adalah sebagai berikut.

1. Karbohidrat

Bahan ini dibutuhkan bakteri atau mikroorganisme sebagai sumber energi. Untuk menyediakan karbohidrat bagi mikroorganisme bisa diperoleh dari air cucian beras, nasi bekas atau nasi basi, singkong, kentang, gandum, dedak atau bekatul, dan lain-lain.

2. Glukosa

Bahan ini juga merupakan sumber energi bagi mikroorganisme yang bersifat spontan. Glukosa bisa didapat dari gula pasir, gula merah, molases, air gula, air kelapa, air nira, dan sebagainya.

3. Sumber bakteri

Bahan yang mengandung banyak mikroorganisme yang bermanfaat bagi tanaman antara lain buah-buahan busuk, sayur-sayuran busuk, keong mas, nasi, rebung bambu, bonggol pisang, urin kelinci, pucuk daun labu, tapai singkong dan buah maja.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Tanaman dari Bubuk Kopi dan Cangkang Telur

Biasanya dalam MOL tidak hanya mengandung satu jenis mikroorganisme, tetapi beberapa mikroorganisme diantaranya Rhizobium sp, Azospirillium sp, Azotobacter sp, Pseudomonas sp, Bacillus sp, dan bakteri pelarut fosfat.

Adapun beberapa manfaat dan keunggulan MOL antara lain sebagai berikut. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com