Kompas.com - 21/05/2022, 20:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika remote AC rusak atau hilang, ini sering membuat banyak orang kebingungan untuk bisa menyalakan maupun mematikan AC.

Namun, untuk urusan menyalakan maupun mematikan AC saja, (saat remote AC rusak atau hilang) ini bisa dilakukan tanpa menggunakan remote AC.

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (21/5/2022), berikut ini cara menyalakan maupun mematikan AC tanpa menggunakan remote AC.

Baca juga: 5 Kebiasaan Ini Dapat Menghemat Listrik Saat Menggunakan AC

Ilustrasi air conditioner (AC) atau pendingin ruangan. FREEPIK/LIFEFORSTOCK Ilustrasi air conditioner (AC) atau pendingin ruangan.
Pencet tombol daya manual AC yang tersembunyi

Saat ini sebagian besar AC dari beragam merek dibuat dengan tampilan desain yang eye-catching dan glossy.

Jadi, mereka sengaja tidak meletakkan tombol daya manual AC di bagian luar, yang mana itu membuat tampilan permukaan AC kehilangan keindahan yang halus dan seimbang.

Namun, alasan tersebut bukan berarti bahwa pabrikan AC tidak mendesain tombol apa pun pada unit AC.

Alih-alih membiarkannya, pabrikan AC dengan cerdik menyembunyikan tombol On atau Off yang digunakan untuk menghidupkan dan mematikan AC dengan cepat yang biasanya terletak di dalam casing indoor AC.

Buka casing indoor bagian atas AC, lalu cari tombol manual (tombol kecil untuk menyalakan atau mematikan AC).

Baca juga: Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Membeli AC

Jika tombol daya manual sudah ditemukan, tekan tombol tersebut dan AC akan menyala (pada saat kondisi AC mati) atau mati (pada saat kondisi AC menyala).

Bergantung pada desain pabrikan dan merek AC, tombol daya ini terletak dan tersembunyi di lokasi berbeda. Untuk memudahkan, lihat buku petunjuk manual AC yang kamu miliki.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.