Kompas.com - 18/05/2022, 17:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Peran peralatan elektronik rumah tangga tak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu alat elektronik yang memiliki peran cukup penting dan wajib dimiliki di rumah adalah rice cooker.

Menanak nasi menggunakan rice cooker dinilai lebih praktis dan juga menghemat waktu dibanding dengan dengan menggunakan kompor dan panci.

Meskipun praktis, ternyata memasak nasi dengan rice cooker juga bisa menimbulkan masalah yaitu rice cooker yang berbau dan nasi yang cepat rusak.

Kita seringkali bertanya-tanya dan mengira jika rice cooker sudah rusak, namun ternyata masalah ini datang dari pembersihkan yang kurang sempurna.

Melansir dari My Budget Recipes, Rabu (18/5/2022), berikut ini merupakan 5 penyebab mengapa rice cooker berbau busuk dan nasi menjadi cepat rusak.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Nasi Menempel di Panci Rice Cooker

Nasi sisa yang terfermentasi

Setelah menanak nasi biasanya ada nasi atau butiran beras yang tersisa di dalam rice cooker. Sama seperti semua makanan bertepung, butiran beras yang tertinggal ini lama kelamaan akan berfermentasi.

Bau yang ditimbulkan dari butiran beras fermentasi ini dapat mengganggu sehingga perlu dibersihkan secara menyeluruh.

Baca juga: 3 Cara Mencegah Rice Cooker Berbau Tak Sedap

Proses pembersihkan yang terburu-buru

Saat membersihkan rice cooker, sebaiknya lakukan dengan sabar dan menyeluruh. Nasi merupakan bahan makanan yang mengandung tepung, bahan ini meninggalkan residu saat di masak.

Sebaiknya bongkar setiap bagian dari rice cooker lalu dibersihkan dengan mengelapnya menggunakan lap lembab. Singkirkan sisa-sisa nasi yang tertinggal agar tidak ada bateri yang tumbuh.

Baca juga: 5 Penyebab Rice Cooker Berbau Tak Sedap, Apa Saja?

Bakteri dari sisa beras yang bereaksi dengan beras baru

Ilustrasi rice cooker. Shutterstock/DD Images Ilustrasi rice cooker.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.