Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Langkah Tepat Membersihkan Rice Cooker agar Awet dan Bebas Bau

Kompas.com - 18/03/2022, 18:19 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Setiap hari kamu mungkin telah membersihkan panci rice cooker sebelum menggunakannya lagi untuk memasak nasi. Namun, apa kamu ingat kapan terakhir kali membersihkan seluruh bagian rice cooker?

Atau malah kamu belum pernah membersihkan rice cooker secara menyeluruh sejak pertama beli karena tidak tahu caranya?

Padahal membersihkannya secara menyeluruh bisa untuk mengatasi bau tak sedap dari rice cooker, lho.

Nah, bila kamu belum tahu, berikut ini ada cara mudah untuk membersihkan rice cooker yang dilansir dari laman Tiger, Jumat (18/3/2022).

Baca juga: Rice Cooker Bau? Ini 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mendinginkan rice cooker sampai sesuai suhu ruangan

Bila penanak nasimu masih dalam keadaan menyala, kamu harus mencabut kabelnya terlebih dulu. Kemudian diamkan sampai rice cooker dingin sesuai suhu ruang. Terutama pada bagian inner lid atau tutup bagian dalam, panci, dan tutup uap.

Melepaskan bagian rice cooker dengan hati-hati

Selanjutnya kamu perlu melepas bagian-bagian penting rice cooker. Seperti tutup bagian dalam, tutup uap, gasket bila ada, dan pengumpul embun dengan hati-hati.

Kamu bisa melepas bagian-bagian tersebut satu per satu lalu menyisihkannya ke tempat yang aman. Ada sedikit tips untuk melepaskan tutup uap. Kamu perlu memsukkan jari ke dalam potongan tutup uap dan mendorongnya ke atas sampai terlepas.

Baca juga: 5 Fungsi Lain Rice Cooker Selain Memasak dan Menghangatkan Nasi

Membuat larutan pembersih

Ilustrasi rice cooker, magic com. Alat penanak nasi. Penemuan alat yang memudahkan memasak nasi, pertama kali berkembang di Jepang.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi rice cooker, magic com. Alat penanak nasi. Penemuan alat yang memudahkan memasak nasi, pertama kali berkembang di Jepang.

Larutan pembersih apa yang sering kamu gunakan untuk membersihkan panci rice cooker? Apa hanya larutan sabun?

Bila hanya itu, kamu sepertinya perlu mencoba membuat larutan dari campuran 2 sendok makan klorin, 2 sendok makan cairan pencuci piring, dan air panas secukupnya atau sampai bisa merendam semua bagian-bagian yang kamu lepas tadi. Kemudian rendam selama dua sampai tiga jam. Setelahnya bilas sampai bersih dan keringkan.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Rice Cooker dalam Waktu Singkat

Mengeringkan rice cooker

Sebelum memasang kembali komponen rice cooker ke tempatnya, kamu perlu memastikan bila semua bagian-bagian tersebut telah kering.

Selain hanya meniriskannya di rak piring. Kamu bisa mengeringkan bagian-bagian rice cooker dengan kain lap yang lembut.

Baca juga: Cara Merawat Rice Cooker agar Tahan Lama

Membersihkan bagian luar rice cooker

Setelah komponen-komponen bagian dalam rice cooker bersih. Kamu juga perlu membersihkan bagian unit yang tersambung dengan komponen listrik.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu membasahi handuk atau kain yang lembut dengan air. Peras kain atau handuk sampai tak ada lagi air yang menetes. Kemudian usap secara lembut bagian dalam dan luar unit penanak nasi.

Baca juga: 4 Langkah Mudah Membersihkan Rice Cooker

Kamu juga perlu mengelap kabel rice cooker dengan lap kering. Setelah semua bagian sudah bersih dari noda atau sisa nasi yang mengering, pasang kembali komponen yang sudah kamu bersihkan tadi.

Meski terlihat mudah, kamu harus tetap hati-hati pada air yang bisa masuk ke dalam unit penanak nasi. Sebab, air bisa membuat korsleting dan merusak mesin rice cooker.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com