Kompas.com - 17/05/2022, 08:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tomat akan terasa lebih lezat jika memiliki rasa yang sedikit manis. Namun demikian, bagaimana cara membuat tomat yang ditanam sendiri terasa lebih manis?

Dilansir Balcony Garden Web, Selasa (17/5/2022), berikut cara membuat tomat yang ditanam lebih manis. Anda dapat menggunakan pupuk yang dijual di pasaran maupun menggunakan sumber alami yang dapat ditemukan di rumah.

Fosfor salah satu cara membuat tomat lebih manis

Pemupukan, dalam rasio yang tepat, memainkan peran penting dalam membuat tomat lebih manis. Menurut sebuah penelitian, pemupukan dengan tingkat fosfor yang lebih tinggi, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas, warna, rasa manis, dan rasa tomat.

Baca juga: 5 Tanaman yang Memberi Ketenangan dan Memurnikan Udara di Kamar Tidur

Ilustrasi tanaman tomat.FREEPIK/AZERBAIJAN_STOCKERS Ilustrasi tanaman tomat.

Menurut sebuah artikel oleh University of Missouri, AS, fosfor dan kalium memiliki efek yang menguntungkan pada kandungan asam dan gula buah. Menggunakan nutrisi fosfor yang tinggi adalah kunci untuk mendapatkan tomat yang lebih manis.

Studi lain menyatakan bahwa peningkatan kadar kalium dalam media tanam saat membudidayakan tomat menghasilkan jaringan kemerahan, kekencangan, kerenyahan, rasa manis, dan rasa.

Ingat, kondisi pertumbuhan, varietas tomat, tingkat kematangan, paparan sinar matahari yang tepat, dan pemberian makan yang cukup dalam proporsi yang tepat memainkan peran penting dalam menghasilkan tomat yang beraroma dan manis.

Menggunakan pupuk seperti 3-15-0 sesuai petunjuk pada kemasan adalah kuncinya.

Baca juga: 9 Tanaman Sayuran yang Bisa Ditanam di Air

Mengapa tanaman tomat membutuhkan fosfor?

Fosfor diperlukan untuk pertumbuhan tanaman secara keseluruhan, pembentukan mekar, dan bunga. Fosfor membantu dalam membangun membran sel dan menyimpan energi.

Rasa manis, ukuran, dan warna tomat sangat bergantung pada kandungan fosfor dalam media tanam.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.