Kompas.com - 17/05/2022, 07:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak peralatan elektronik yang digunakan di rumah untuk beragam kebutuhan. Akan tetapi, banyaknya peralatan elektronik tersebut bisa menyebabkan tagihan listrik melonjak.

Untuk menghemat tagihan listrik, ada baiknya Anda membiasakan mencabut colokan peralatan elektronik Anda. Bahkan, jika dalam keadaan tidak diaktifkan, peralatan elektronik dapat menjalankan fungsi tertentu di latar belakang saat dicolokkan.

Dikutip dari CNET, Selasa (17/5/2022), mencabut colokan peralatan elektronik akan menghentikan energi yang terkuras secara diam-diam dan meningkatkan tagihan listrik.

Baca juga: Apakah Semua Panci dan Wajan Cocok Digunakan di Kompor Listrik?

Ilustrasi stopkontak dinding, ilustrasi soket listrik, ilustrasi colokan.SHUTTERSTOCK / H_Ko Ilustrasi stopkontak dinding, ilustrasi soket listrik, ilustrasi colokan.

Mengapa mencabut colokan peralatan elektronik bisa menghemat tagihan listrik?

Peralatan elektronik sebenarnya masih menggunakan energi meskipun dimatikan tetapi masih dicolokkan, menurut Energy.gov.

Berikut beberapa jenis perangkat elektronik yang masih bisa menyedot listrik bahkan saat dimatikan atau dalam mode stand by.

  • Perangkat yang mungkin masih menggunakan listrik dalam bentuk menyala secara permanen atau tampilan lain yang menunjukkan perangkat mati
  • Komputer yang hanya diatur ke mode "sleep"
  • Charger ponsel yang tetap dicolokkan meskipun perangkat tidak terhubung

Baca juga: 5 Cara Membuat Kulkas Tua Lebih Efisien dan Hemat Listrik

  • Pemutar media yang terus-menerus menggunakan listrik, terutama yang mungkin masih memindai update di latar belakang
  • Ponsel dengan layar yang muncul saat tidak digunakan secara aktif
  • Peralatan rumah pintar seperti lemari es, mesin cuci, dan pengering yang memiliki layar selalu aktif, konektivitas internet, dan kontrol elektronik

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.