Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Menciptakan Kamar Tidur yang Nyaman Menurut Feng Shui

Kompas.com - 26/04/2022, 07:45 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui adalah praktik Tiongkok yang telah berusia berabad-abad yang bertujuan mendorong kedamaian dan keharmonisan di rumah.

Efek ini paling signifikan dirasakan di kamar tidur. Sebagai tempat beristirahat dan  menghabiskan waktu lebih dari delapan jam setiap malam, kamar tidur harus diatur dan didekorasi senyaman mungkin. 

Baca juga: 4 Warna Cat Kamar Tidur yang Dapat Memberikan Kenyamanan

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Selasa (26/4/2022), feng shui membantu mencapai kenyamanan ini dengan memperhitungkan aliran energi atau Chi di sebuah ruangan.

Keseimbangan yang tepat dapat mendorong tidur lebih nyenyak dan rasa sejahtera yang lebih baik secara keseluruhan.

Berikut beberapa tips menciptakan kamar tidur yang nyaman dan tenang menurut feng shui. 

Baca juga: 8 Tips Menciptakan Feng Shui yang Baik di Kamar Bayi

Atur tempat tidur dalam posisi perintah

Pilih dan gunakan cat dinding dengan warna terang, seperti putih, krem, atau pastel untuk kamar tidur sempit agar terlihat nyaman dan mudah dipadukan.UNSPLASH/SPACEJOY Pilih dan gunakan cat dinding dengan warna terang, seperti putih, krem, atau pastel untuk kamar tidur sempit agar terlihat nyaman dan mudah dipadukan.
Tempat tidur adalah furnitur terpenting di kamar tidur dan posisinya dapat berdampak besar pada keseluruhan nuansa ruangan.

Menurut sistem feng shui, tempat terbaik meletakkan tempat tidur adalah posisi perintah yang mengacu dengan pintu.

Saat berbaring di tempat tidur, idealnya Anda menghadap pintu tanpa sejajar langsung dengannya. Ini mencegah energi mengalir terlalu cepat keluar pintu.

Selain itu, cara terbaik adalah memposisikan kepala tempat tidur menempel pada dinding yang kokoh untuk memberikan perasaan dukungan dan perlindungan. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan AC di Kamar Tidur 

Merapikan kamar tidur 

Kamar tidur yang berantakan bisa membuat Anda merasa stres. Untuk memungkinkan Chi bersirkulasi bebas di ruangan, jaga kamar tidur tetap rapi dan bersih serta membersihkan barang-barang yang tidak diinginkan atau tidak perlu dari kamar. 

Berikan perhatian khusus pada arus lalu lintas ke dalam dan di sekitar kamar tidur. Pastikan jalurnya bebas dari rintangan apa pun. Namun, berhati-hati untuk tidak memasukkan semuanya ke bawah tempat tidur.

Barang-barang yang disimpan di sana dapat mempengaruhi alam bawah sadar Anda saat tidur. Untuk itu, menjaga area di bawah tempat tidur tetap bersih guna memungkinkan aliran energi yang optimal. 

Baca juga: 8 Tips Feng Shui Kamar Tidur untuk Meningkatkan Hubungan Cinta 

Desain yang seimbang

Ilustrasi kamar tidur modern chic. Shutterstock/2M media Ilustrasi kamar tidur modern chic.
Keseimbangan sangat penting dalam feng shui. Jadi, pertimbangkan simetri saat Anda memilih dan mengatur furnitur kamar tidur.

Pusatkan tempat tidur pada dinding atau setidaknya pastikan ada ruang untuk masuk di kedua sisinya. Kemudian, lengkapi ruangan dengan sepasang nightstand, lampu, bantal, dan barang-barang lainnya yang simetris untuk menciptakan tampilan yang harmonis. 

Pilih warna lembut 

Pastel lembut dan warna-warna bersahaja yang diredam yang ditemukan di alam sangat cocok untuk kamar tidur feng shui.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com