Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Meletakkan Cermin di Dalam Rumah Menurut Feng Shui

Kompas.com - 21/04/2022, 11:27 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menjadi elemen dekorasi dan membantu merapikan diri atau berkaca, cermin dapat memberikan kesan lapang dan luas serta membuat ruangan lebih terang. 

Tak hanya itu, cermin juga dapat membuat ruangan terasa hidup bila diletakkan dengan tepat. Dalam feng shui, cermin memantulkan apa pun yang ada di hadapannyaa. Jadi, semakin besar cermin, semakin banyak energi yang mengalir. 

Dilansir dari Mind Body Green, Kamis (21/4/2022), berikut beberapa panduan meletakkan cermin di dalam rumah menurut feng shui. 

Baca juga: 7 Tempat Terbaik untuk Menggantung Cermin di Rumah 

Hindari meletakkan di kamar tidur

Ilustrasi cermin di atas tempat tidur. Meletakkan cermin di atas tempat tidur tidak disarankan dalam feng shui. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi cermin di atas tempat tidur. Meletakkan cermin di atas tempat tidur tidak disarankan dalam feng shui.
Cermin meningkatkan aliran energi yang dapat mengganggu tidur. Cobalah memperhatikan kualitas tidur Anda saat cermin berada di kamar tidur dengan menutupi cermin selama beberapa malam dan perhatikan apakah tidur Anda membaik.

Jika tidur nyenyak dengan cermin tertutup, pertimbangkan menggantinya dengan sesuatu yang disukai seperti lukisan besar, mural, bahkanmemasang beberapa lentera.

Apabila ingin menjadikan cermin sebagai dekorasi kamar tidur, sebaiknya menggantungnya pada dinding yang tidak menghadap Anda saar berbaring di tempat tidur

Baca juga: 5 Tips Meletakkan Cermin di Kamar Tidur agar Terlihat Lebih Menarik 

Letakkan cermin menghadap sesuatu yang disukai

Secara harfiah dan metaforis, cermin dapat menggandakan apa yang dipantulkannya. Jadi, letakkan cermin menghadap ke sesuatu yang Anda sukai untuk melihatnya. 

Meletakkan cermin dengan pantulan pemandangan luar ruangan bisa menjadi solusi tepat. 

Baca juga: 6 Tips Menggunakan Cermin saat Mendekorasi Ruang Keluarga

Selektif dengan cermin lebih kecil

Cermin diasosiasikan dengan harga diri. Jadi, jika tidak dapat melihat seluruh diri dalam satu cermin, secara halus hal itu menunjukkan bahwa Anda tidak dapat melihat keseluruhan diri sendiri.

Cermin ukuran penuh pada bagian belakang pintu bisa menjadi solusi yang masuk akal, tetapi pastikan dapat melihat diri Anda sepenuhnya dalam pantulan sehingga tidak merusak citra diri. 

Baca juga: 3 Cara Tepat Memilih Cermin untuk Ruangan dan Dekorasi Dinding

Gunakan cermin cembung

Ilustrasi cermin sebagai elemen dekorasi rumah. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi cermin sebagai elemen dekorasi rumah.

Cermin cembung sangat cocok untuk menyebarkan energi. Misalnya, jika Anda memiliki tangga menuju pintu depan dan mengalami masalah uang, menempatkan cermin cembung untuk menangkap serta menyebarkan energi kembali ke rumah bisa menjadi pilihan.

Gantung cermin menghadap Anda saat menuruni tangga. Cermin cembung juga bagus diletakkan di lorong panjang sehingga membuat energi cenderung mengalir deras ke dalam rumah.

Jika merasa lelah karena hiruk-pikuk yang terus-menerus, gantung satu cermin dengan tujuan memperlambat segalanya. 

Baca juga: 6 Cara Menggunakan Cermin di Area Pintu Masuk Rumah

Cermin dapat meningkatkan cahaya dan kreativitas

Ketika ada ruang dan sudut yang cenderung lebih gelap di rumah, cermin adalah cara tepat untuk menyebarkan cahaya.

Cermin tidak hanya menangkap dan memantulkan sedikit cahaya yang tersedia, tetapi juga menyimpan energi yang berkeliaran di sekitar ruangan.

Ingatlah bahwa cermin bisa menggandakan apa yang dipantulkannya. Jadi, Anda perlu melakukan sedikit decluttering sebelum menggantungnya di ruangan. Cermin juga dapat membantu mengatur ruang kreatif dengan energi yang luas serta tak terbatas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com