Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Lidah Buaya untuk Perkebunan hingga Kesehatan

Kompas.com - 15/04/2022, 16:02 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kamu tentu tidak asing dengan tanaman yang dikenal dengan sebutan aloe vera ini. Aloe vera atau lidah buaya sudah dikenal luas sebagai tanaman hias dengan sejuta manfaat.

Bahkan tanaman ini sengaja ditanam di dalam rumah untuk menangkal racun dan memurnikan udara.

Tak hanya berfungsi sebagai tanaman hias, ternyata masih banyak manfaat lain dari lidah buaya. Fungsinya cukup beragam, baik untuk perkebunan hingga kesehatan.

Melansir dari Simplify Gardening, Jumat (15/4/2022), punya tanaman lidah buaya di rumah? Jangan sia-siakan manfaatnya. Berikut ini adalah manfaat tanaman lidah buaya yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Lidah Buaya agar Tumbuh Subur

Menjaga hasil kebun tetap segar

Pada tahun 2014, Universitas Cambridge memiliki publikasi analisis online mengenai buah tomat yang dilapisi oleh gel lidah buaya.

Penelitian ini menunjukkan bahwa lapisan gel berhasil melindungi buah tomat dari bakteri berbahaya.

Temuan dari peneliti lain pada buah apel juga menggambarkan hasil yang sama. Karena itu gel lidah buaya bisa digunakan sebagai pengganti bahan kimia untuk memperpanjang umur simpan produk panen.

Baca juga: 3 Campuran Tanah Pot untuk Lidah Buaya Tumbuh Subur

Alternatif obat kumur

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014 di Ethiopian Journal of Health Sciences melaporkan bahwa ekstrak lidah buaya dapat digunakan sebagai alternatif obat kumur.

Menurut peneliti, gel lidah buaya sama efektifnya dengan obat kumur yang dijual di pasaran. Hal ini karena lidah buaya mengandung antrakuinon, kandungan ini membantu melawan plak. Bahan alami pada lidah buaya juga dapat meredakan gusi yang bengkak.

Baca juga: Simak, Ini Cara Menanam Lidah Buaya di Dalam Ruangan

Pereda sakit maag

Ilustrasi tanaman lidah buaya jenis Aloe brevifolia.PIXABAY/ABEL DOMINGUEZ Ilustrasi tanaman lidah buaya jenis Aloe brevifolia.

Penyakit refluks gastroesofageal, GERD, adalah gangguan pencernaan yang sering menyebabkan mulas.Sebuah review tahun 2010 menunjukkan jika konsumsi lidah buaya sebanyak 1 hingga 3 ons dapat meredakan GERD.

Selain itu gel lidah buaya juga dipercaya dapat meredakan masalah pencernaan lainnya. Tanaman lidah buaya memiliki jumlah racun yang rendah sehingga aman dan lembut untuk pencernaan.

Baca juga: Panduan Menanam Lidah Buaya di Polybag, Cocok di Halaman Rumah

Kondisioner rambut alami

Kamu pasti sudah tidak asing dengan manfaat lidah buaya yang satu ini. Untuk menggunakannya sebagai kondisioner rambut, kamu mungkin perlu mencampur gel lidah buaya dengan air sebelum menambah minyak esensial.

Lidah buaya sangat ampuh untuk menjaga kelembaban rambut dan melawan penyebab kerusakan rambut. Ditambah lagi senyawa anti jamur pada lidah buaya juga ampuh untuk memerangi ketombe.

Baca juga: Ini Sinar Matahari yang Dibutuhkan Lidah Buaya

Perawatan kulit

Selain baik untuk rambut dan kulit kepala, lidah buaya juga dapat melembabkan kulit. Karena habitat aslinya ada pada daerah gurun yang kering, agar dapat bertahan hidup lidah buaya menyimpan kandungan air di daunnya. Gel air pada daunnya ini sangat ampuh sebagai pereda nyeri dan pelembab wajah yang efektif.

Berpotensi melawan kanker payudara

Pada sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan dan ditampilkan dalam Pelengkap Berbasis Bukti dan Pengobatan Alternatif, tanaman lidah buaya mengandung aloe-emodin yang memiliki aspek terapeutik.

Baca juga: Ini Sinar Matahari yang Dibutuhkan Lidah Buaya

 

Penelitian ini menunjukkan jika lidah buaya berpotensi memperlambat laju pertumbuhan kanker payudara. Namun penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk membuktikan studi ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com