Kompas.com - 15/04/2022, 14:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Saat akan menanam tanaman baik buah dan sayur, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Salah satunya ialah kebutuhan pH tanah masing-masing tanaman.

Dengan mengetahui kebutuhan pH tanaman kamu dapat menyesuaikan kondisi tanah dengan kebutuhan tanaman.

Tentunya ini akan membuat tanaman tumbuh dengan subur dan menghasilkan hasil panen yang baik.

Melansir dari Garden Express, Jumat (15/4/2022), pH tanah merupakan ukuran keasaman atau kebasaan tanah dengan nilai skala 0,0 (paling asam) hingga 14,0 (paling basa).

Tanah masam memiliki nilai pH yang rendah (kurang dari 5,5), sedangkan tanah basa memiliki nilai pH yang tinggi (lebih dari 8,0).

Baca juga: 5 Tips Menggantung Tanaman Hias di Dalam Rumah

Alasan mengapa PH tanah sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman

Ilustrasi media tanam untuk tanaman hias di dalam pot. SHUTTERSTOCK/KT STOCK PHOTOS Ilustrasi media tanam untuk tanaman hias di dalam pot.

PH tanah berhubungan dengan konsentrasi nutrisi utama dan unsur-unsur mikro yang bermanfaat untuk tanaman.

Ketika pH tanah sangat tinggi atau rendah, tanaman yang tumbuh di dalamnya mungkin mengalami kekurangan nutrisi atau keracunan.

Namun ketidakseimbangan pH tanah ini dapat diperbaiki dari waktu ke waktu, caranya ialah dengan menambahkan bahan tertentu pada komposisi kimia tanah.

Kamu bisa menambahkan kapur kedalam tanah yang terlalu asam. Sedangkan untuk tanah yang terlalu basa, kamu bisa menambahkan gypsum dan juga dengan menanam legum dalam rotasi tanaman.

Baca juga: 5 Cara Membasmi Hama Agas pada Tanaman Dalam Ruangan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.