Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Pasarkan Produk Jualan di Rumah? Ada Kursus Gratis dengan Kartu Prakerja

Kompas.com - 15/04/2022, 12:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda memiliki bisnis atau usaha sampingan di rumah, media sosial merupakan alat pemasaran yang penting. Strategi pemasaran via media sosial atau social media marketing merupakan salah satu aspek pengembangan bisnis paling krusial di era serba digital.

Anda sebagai pemilik usaha di rumah harus bisa mengikuti tren-tren terbaru di media sosial dan mempromosikan produk mereka dengan kanal dan cara yang tepat untuk menjangkau para pembeli.

Tidak hanya untuk menaikkan penjualan, media sosial juga sangat bermanfaat untuk menaikkan reputasi brand, membuka pintu kolaborasi dengan brand atau instansi lain, hingga membentuk komunitas yang loyal.

Baca juga: Mau Beli Peralatan untuk Berjualan? Bisa di Situs Ini

Ilustrasi menjalankan bisnis online dari rumah pada 2022. DOK. FREEPIK Ilustrasi menjalankan bisnis online dari rumah pada 2022.

Melihat tren tersebut, platform teknologi edukasi Zenius menghadirkan program kursus pelatihan strategi marketing di media sosial bagi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

Kursus ini tersedia di platform ZenPro, layanan pembelajaran dalam ekosistem Zenius, yang dapat diakses secara gratis dengan menggunakan Kartu Prakerja.

“Penting bagi pelaku UMKM untuk memiliki mentor dan mempelajari bagaimana bisa tampil, berpromosi, dan beriklan dengan efektif melalui media sosial,” ungkap Ary Mozta, AVP Marketing Lifelong (ZenPro) dalam siaran pers, Jumat (15/4/2022).

Pelatihan social media marketing di ZenPro menekankan pentingnya praktek daripada teori. Oleh karena itu, kurikulum yang digunakan pun telah disesuaikan dengan kebutuhan di dunia nyata.

Baca juga: Dukung UMKM dan Usaha Rumahan, AQUA Japan Hadirkan Kulkas Showcase Baru

Materi pembelajaran dalam kursus ini mencakup berbagai hal, mulai dari yang fundamental hingga teknis, seperti kerangka kerja bisnis ala Zenius, optimasi digital marketing, pemasaran berbasis konten, cara menjalankan endorsement di media sosial, hingga cara beriklan dan membuat konten efektif yang dapat meningkatkan penjualan.

Dengan metode tersebut, semua peserta, baik yang sudah berpengalaman ataupun belum, bisa mengikuti dan menerapkan materinya. Selain itu, kelas ini juga akan mengajarkan teknik komunikasi untuk keperluan pengembangan bisnis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com