Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik agar Tanaman di Kamar Mandi Tumbuh dengan Baik

Kompas.com - 11/04/2022, 10:05 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara termudah dan paling hemat biaya untuk membuat kamar mandi menjadi lebih menarik adalah dengan meletakkan tanaman di dalamya.

Sebab, tanaman tak hanya memberikan nuansa alam, namun akan menambahkan tekstur, warna, serta nuansa baru pada kamar mandi. 

Akan tetapi, tanaman apa saja yang paling cocok dan bagaimana cara agar tanaman lebih memberikan efek yang baik di dalam kamar mandi?

 

Baca juga: Kenali, Ini 6 Tanda Tanaman Hias Membutuhkan Cahaya Tambahan

Ilustrasi tanaman hias di kamar mandi. Jika Anda tinggal di rumah kontrakan, Anda bisa mendekorasi kamar mandi dengan meletakkan beberapa tanaman hias. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi tanaman hias di kamar mandi. Jika Anda tinggal di rumah kontrakan, Anda bisa mendekorasi kamar mandi dengan meletakkan beberapa tanaman hias.

Dilansir dari Better Homes and Gardens Australia, Senin (11/4/2022) ahli hortikultura Jenny Dillon menjelaskan banyak orang yang berpikir jika tanaman di dalam kamar mandi perlu bertahan dari panasnya uap air hangat dan kelembapan. 

Namun, anggapan itu sedikit salah, sebab seseorang mandi dengan air hangat hanya berlangsung lima hingga 15 menit dan selama sisa hari itu, kamar mandi akan berada pada suhu kamar normal dan kering. 

Pengecualian mungkin jika Anda memiliki anggota keluarga yang mencakup lima orang dan Anda hanya memiliki satu kamar mandi, dalam hal ini tanaman dari daerah tropis sangat ideal.

Jenis tanaman yang bisa dan tidak bisa hidup di kamar mandi

Pertimbangan terbesar, dan yang sering diabaikan, adalah cahaya. Jendela kamar mandi baik ditutupi dengan tirai atau daun jendela atau kaca buram untuk menjaga privasi.

Baca juga: Hati-Hati, Ini Daftar Tanaman Hias yang Beracun bagi Anak-anak

Jadi, meskipun ruangan mungkin tampak memiliki cahaya yang ringan, biasanya tidak cukup terang bagi sebagian besar tanaman untuk tumbuh subur.

Dalam hal ini, Anda membutuhkan tanaman yang tahan naungan, seperti berikut ini. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com