Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Tinggi Wastafel Kamar Mandi yang Ideal?

Kompas.com - 11/04/2022, 08:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wastafel adalah salah satu fitur di kamar mandi yang rutin di kamar mandi. Tinggi wastafel kamar mandi biasanya bervariasi, tergantung pada preferensi pribadi Anda.

Dilansir Home Guides SF Gate, Senin (11/4/2022), jika Anda tinggi, Anda dapat memilih untuk menempatkan wastafel lebih tinggi pula.

Jika Anda ingin memasang wastafel yang ramah bagi penyandang disabilitas, Anda harus mengatur ketinggian wastafel pada ukuran tertentu.

Baca juga: 3 Cara Mudah Membersihkan Wastafel Keramik dan Stainless Steel

Ilustrasi handuk, ilustrasi wastafel.SHUTTERSTOCK / New Africa Ilustrasi handuk, ilustrasi wastafel.

Jika Anda menggunakan wastafel vessel di atas meja kamar mandi, Anda mungkin harus menurunkan kaki beberapa inci agar wastafel berfungsi. Untuk menentukan tinggi wastafel kamar mandi, ukur dari lantai akhir hingga tepi wastafel.

Tinggi wastafel kamar mandi yang ramah penyandang disabilitas

American Disabilities Act (ADA) mengatur ketinggian wastafel kamar mandi yang ramah penyandang disabilitas. Wastafel yang memenuhi persyaratan ADA berukuran 34 inci dari tepi wastafel hingga lantai.

Wastafel ini juga harus bersih dari benda apapun di bawahnya agar wastafel dapat diakses kursi roda. Pastikan jarak bebas lutut setinggi 27 inci, lebar 30 inci, dan kedalaman setidaknya 19 inci untuk mengakomodir kursi roda.

Pengecualian adalah untuk wastafel yang hanya akan digunakan anak-anak usia 6 dan 12 tahun. Wastafel ini dapat memiliki jarak lutut 24 inci di bawahnya selama tepi wastafel tidak lebih dari 31 inci dari lantai.

Baca juga: Selain Sisa Makanan, 5 Penyebab Wastafel Berbau Tak Sedap

Wastafel harus berukuran setidaknya minimal 6,5 inci di bawah peraturan ADA.

Tinggi wastafel kamar mandi standar

Ketinggian wastafel kamar mandi standar berkisar antara 29 inci hingga 36 inci, tergantung pada preferensi pribadi dan jenis wastafel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com