Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Sisa Makanan, 5 Penyebab Wastafel Berbau Tak Sedap

Kompas.com - 26/03/2022, 14:06 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Wastafel bisa menjadi masalah serius di dapur jika memiliki bau tak sedap. Mungkin kamu berpikir bila masalah ini terjadi akibat sisa makanan yang menumpuk di area wastafel.

Namun, bau di wastafel tak hanya tentang sisa makanan. Melansir dari The Spruce, Sabtu (26/3/2022) ada beberapa penyebab lain yang bisa membuat wastafel bau dan bila tak segera ditangani akan mempengaruhi kesehatan keluarga. Berikut ini 5 penyebab yang membuat wastafel di rumah memiliki bau tak sedap.

Baca juga: Cara Membersihkan Lumpur pada Saluran Pembuangan Wastafel Kamar Mandi

Bau di selokan

Pertama kamu perlu memeriksa kinerja saluran pembuangan. Sebab, bau di wastafel sangat mungkin terjadi akibat pipa yang bermasalah sehingga membuat bau selokan naik ke atas.

Bau yang tak sedap ini selain mengganggu indra penciuman, juga berbahaya bagi kesehatan. Pasalnya gas selokan beracun dan tak boleh dihirup dalam waktu yang lama. Terutama bagi yang memiliki sistem imun yang lemah.

Baca juga: Lakukan Ini agar Saluran Pembuangan Wastafel Tidak Tersumbat

Ada masalah di P-trap wastafel

Penyebab kedua yakni masalah di bagian P-trap atau perangakap-P di wastafel yang berguna untuk mengisolasi bau dari salurang pembuangan. Sehingga bisa menghalagi bau tak sedap menguar di dapur.

Namun, bila P-Trap yang berbentuk melengkung di bawah bak cuci ini kering, maka akan mengeluarkan bau tak sedap. Kamu hanya perlu membasahi atau menggunakn wastafel secara rutin untuk mengatasi masalah ini.

Baca juga: Plus Minus Wastafel Undermount dan Flushmount untuk Kamar Mandi

Pipa wastafel bocor

Ilustrasi wastafel rusak.SHUTTERSTOCK / Lisa-S Ilustrasi wastafel rusak.

Bocor juga bisa membuat bau tak sedap di wastafel. Kalau masalah ini, kamu perlu memeriksa apakah ada pipa yang bocor dengan cara melepaskan P-trap yang menjadi penghubung antara pipa atas dan bawah.

Kemudian kamu tinggal memeriksa bagian-bagian pipanya. Apa ada yang bocor atau tidak. Bila ada yang bocor kamu tentu harus menggantinya dengan pipa lain agar bau busuk di dapur tak terus mengusik hidung.

Baca juga: Perlukah Kamar Mandi Utama Memiliki Dua Wastafel?

Penyumbatan di pipa wastafel

Sisa makanan yang masuk ke dalam pipa wastafel bisa saja menyumbat aliran air. Lalu pada akhirnya membuat wastafel berbau tak sedap.

Jadi, kamu perlu memeriksa apakah pipa wastafel mengalami penyumbatan. Terutama pada area batas-batas sambungan pipa.

Bila terjadi penyumbatan kamu tinggal memeriksa dan membersihkannya. Lalu tes dengan air, bila air sudah mengalir dengan lancar berarti pipa sudah kembali bekerja sebagaimana mestinya.

Baca juga: Kenali, Ini 6 Jenis Wastafel Kamar Mandi dan Perbedaannya

Ventilasi pipa wastafel tersumbat

Selain penyumbatan di pipa, kamu juga perlu memperhatikan apakah ventilasi pipa di wastafel bekerja dengan baik atau juga tersumbat.

Sebab, ventilasi pipa wastafel ini penting untuk membuat air dan gas mengalir secara lancar ke selokan. Bila tersumbat maka gas yang harusnya pergi ke selokan malah menguap naik ke atas. Sehingga membuat dapur berbau busuk.

Baca juga: Wastafel Dapur Bau? Atasi dengan 4 Cara Ini

Ada beberapa cara untuk membuat bau di wastafel hilang. Di antaranya yakni dengan menyiram wastafel dengan larutan sabun dan air panas.

Bisa juga membersihkan wastafel dengan cuka dan baking soda atau menggunakan kulit jeruk, garam, serta es batu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com