Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Cara Menyimpan Alpukat agar Tidak Cepat Busuk

Kompas.com - 08/04/2022, 22:38 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alpukat menjadi salah satu buah yang sering dikonsumi banyak orang karena dapat diolah dalam berbagai cara.

Namun, alpukat juga dikenal sebagai buah yang cepat mengalami perubahan warna. Misalnya, hari ini belum terlihat matang, tetapi beberapa hari kemudian sudah mulai matang dan hari selanjutnya bisa menjadi busuk.  

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Tanaman Alpukat di Dalam Ruangan

 

Untuk membuat alpukat dalam kondisi baik, sebaiknya menyimpannya dengan metode tepat. Ada beberapa trik yang dapat digunakan untuk menyimpan alpukat.

Cara ini tergantung pada sejumlah faktor seperti seberapa matang alpukat dan ingin diolah dalam cara bagaimana. 

Dilansir dari Real Simple, Jumat (8/4/2022), berikut ragam cara menyimpan alpukat agar tetap bagus dan tidak cepat membusuk. 

Cara menyimpan alpukat utuh 

Ilustrasi alpukatUNSPLASH/NUR AFRI SETIYANINGRUM Ilustrasi alpukat
Jika telah membeli alpukat yang belum matang dengan harapan dapat mengatur waktu kematangan dengan sempurna, cara terbaik menyimpannya adalah meletakkannya di atas meja, jauh dari buah dan sayuran lainnya.

Alpukat mentah biasanya akan bertahan di meja selama empat hingga lima hari. Namun, karena kematangan alpukat bisa rumit, penting memeriksa kematangannya setiap hari.

Anda akan mengetahui alpukat sudah matang ketika bisa merasakan ada tekanan ringan saat disentuh dan kulitnya akan berubah menjadi hijau tua hingga hitam dengan tekstur bergelombang. 

Baca juga: Cara Menanam Alpukat Cipedak, Buahnya Legit dan Manis

Apabila, alpukat sudah matang, Anda dapat menyimpannya di kulkas untuk menjaganya tetap segar selama beberapa hari, tergantung pada tingkat kematangannya.

Saat memasukkan alpukat ke kulkas, sebaiknya simpan dalam wadah penyimpanan makanan kedap udara atau di laci sayuran.

Hindari meletakkan alpukat berdekatan dengan sayuran, pisang, dan apel karena gas etilen dari buah-buahan iniakan mempercepat proses pematangan, jadi periksalah alpukat secara teratur. 

Baca juga: Panduan Cara Menanam Alpukat dari Biji 

Cara menyimpan alpukat potong 

Ilustrasi alpukat mentega. SHUTTERSTOCK/UTIK MARGARINI Ilustrasi alpukat mentega.
Terkadang, alpukat yang sudah dipotong akan menyisahkan setengahnya. Untungnya, ada beberapa cara menyimpan potongan alpukat agar tahan sedikit lebih lama.

Jika alpukat sudah dipotong dadu atau dihaluskan, cara terbaik adalah menyimpannya di wadah penyimpanan makanan. Tutp wadah dengan bungkus plastik

Pastikan bungkusnya bersentuhan langsung dengan alpukat sehingga tidak ada kantong udara serta membantu mencegah oksigen masuk dan mengubah daging alpukat hijau cerah menjadi cokelat. 

Baca juga: Cara Mudah Menanam Alpukat dari Biji di Dalam Ruangan dengan Media Air

Beberapa orang juga menambahkan perasan jeruk nipis atau lemon segar, tetapi itu jelas mengubah rasa alpukat dan terkadang tidak selalu berhasil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com