Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menyimpan Stroberi yang Dipanen agar Tidak Cepat Busuk

Kompas.com - 02/04/2022, 12:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comStroberi adalah salah satu buah yang dapat ditanam di taman rumah, bahkan balkon apartemen jika tidak memiliki halaman.

Sebab, mereka dapat ditanam di dalam pot. Kamu hanya perlu menaruh pot di area dengan banyak sinar matahari, dan menyiramnya setiap kali tanah terasa kering sekitar 2,5 centimeter (cm) di bawah permukaan.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Daun Stroberi Berubah Coklat

Ketika waktu panen tiba, kamu dapat langsung menikmati buah yang kaya akan vitamin c ini sambil bersantai di ruang keluarga.

Jika belum sempat menikmati stroberi usai memetiknya, kamu perlu menyimpannya dengan benar supaya buah tidak cepat busuk. Dikutip dari Real Simple, Sabtu (2/4/2022), simak cara menyimpan stroberi berikut ini.

Cara menyimpan stoberi utuh

 Cara membersihkan stroberi bisa menggunakan air mengalir atau campuran bahan lain, seperti cuka, garam, dan soda kue. PIXABAY/TRIGGERMOUSSE Cara membersihkan stroberi bisa menggunakan air mengalir atau campuran bahan lain, seperti cuka, garam, dan soda kue.

Untuk buah stroberi yang masih utuh, kamu dapat menyimpannya di dalam kulkas agar kesegarannya bertahan selama seminggu.

Baca juga: Penyebab Tanaman Stroberi Tidak Tumbuh Subur dan Cepat Mati

Setelah memetik stroberi, segera masukkan ke dalam wadah kaca kedap udara. Bisa juga dengan menaruhnya di wadah kedap udara biasa yang dilapisi oleh tisu dapur.

Cara lainnya, rendam stroberi di dalam larutan satu bagian cuka putih dan tiga bagian air selama beberapa menit. Lalu, keringkan dan taruh di dalam wadah kaca kedap udara berlapis tisu basah.

Cara menyimpan stroberi yang sudah dipotong

Jika buahnya sudah dipotong, kamu tetap bisa menyimpannya dengan cara-cara di atas. Namun, bisa juga dengan membungkusnya rapat pakai bungkus plastik (plastic wrap) atau aluminium foil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com