Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantal Lumbar Bisa Digunakan untuk Orang dengan Postur Tubuh Baik

Kompas.com - 24/03/2022, 21:51 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Selama pandemi Covid-19, banyak orang bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Selama WFH, tidak jarang waktu kerja terasa lebih lama dan membuat orang-orang duduk lebih lama dibanding saat bekerja di kantor.

Baca juga: Ingin Duduk dengan Nyaman? Jangan Peluk Bantal Sofa

Hal tersebut membuat beberapa orang mengalami nyeri tulang belakang yang terasa pada titik tertentu atau sakit punggung bawah, yang juga dikenal dengan low back pain.

Dikutip dari situs resmi Rumah Sakit Hermina, Kamis (24/3/2022), dokter ortopedi, Iwan Setiawan, menjelaskan, nyeri tulang belakang dapat terjadi pada ruas tulang belakang bagian leher atau tulang servikal.

Kemudian tulang belakang bagian punggung atas dan tengah atau tulang toraks, bagian punggung bawah atau pinggang yang disebut dengan tulang lumbal, dan bagian tulang ekor atau tulang sakral.

Baca juga: Cara Menggunakan Bantal dan Guling agar Tidak Nyeri saat Bangun Tidur

Ilustrasi bantal lumbar.SHUTTERSTOCK / Williams Design llc Ilustrasi bantal lumbar.

Salah satu faktor yang menyebabkan nyeri tulang belakang adalah saat seseorang terlalu sering duduk seperti bekerja selama delapan jam tanpa beranjak dari kursi atau berbaring selama beberapa waktu.

Guna mencegah nyeri tulang belakang atau sakit punggung bawah terjadi, kamu perlu menjaga postur tubuh saat duduk, berdiri, maupun saat tidur. 

Baca juga: Trik Membuat Bantal Kembali Empuk dan Lembut seperti Baru

Postur tubuh yang baik menjaga tulang punggung tetap sehat. Ini sangat penting lantaran tulang punggung merupakan salah satu organ vital manusia.

Penulis buku Body Electric, Margaret Richard, mengatakan, seperti disadur Kompas.com, Jumat (18/3/2011), postur tubuh yang baik dapat melindungi tulang belakang dan bagian tubuh lainnya dari cedera. 

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mengganti dan Mencuci Sarung Bantal?

Bantal lumbar

Ilustrasi bantal lumbar.SHUTTERSTOCK / Sarah_Leanne Ilustrasi bantal lumbar.

Untuk mengatasi masalah tersebut, saat ini, ada bantal lumbar yang dapat membantu postur tubuh tetap baik saat kamu duduk, tiduran, atau berdiri.

Namun, bantal ini lebih umum dipakai ibu hamil sebagai penopang lekuk pinggang saat sedang berbaring telentang, orang dengan nyeri tulang belakang atau sakit punggung bawah, dan mereka yang mengalami sciatica—nyeri tulang belakang karena ada masalah pada saraf.

Fisioterapis Windy Mayang mengatakan, bantal lumbar sebenarnya dapat digunakan oleh orang dengan postur tubuh yang baik, tergantung pada situasinya sehari-hari.

Baca juga: Trik Membuat Bantal Kembali Empuk dan Lembut seperti Baru

“Yang butuh ini (bantal lumbar) yang pakai sepatu hak tinggi setiap hari,” ujarnya dalam peluncuran bantal lumbar Dooglee di Killa Killa Cafe, Jakarta Selatan, Rabu (23/3/2022).

Meski memiliki postur tubuh yang baik, orang-orang yang sering memakai sepatu hak tinggi dapat mengalami sakit pinggang, terlebih jika sering berdiri selama menggunakan sepatu hak tinggi. 

Selanjutnya, jika kamu sering menghabiskan waktu dengan duduk lebih dari delapan jam, gunakan bantal lumbar sebagai pengganjal lekuk pinggang agar postur tubuh terjaga serta tulang punggung tetap selaras.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com