Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Membuat Bantal Kembali Empuk dan Lembut seperti Baru

Kompas.com - 17/03/2022, 14:26 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain kasur, bantal menjadi benda utama yang dapat menunjang tidur. Tak heran, membuat bentuk bantal cepat berubah dari bentul awalnya atau kempes.

Hal ini karena bantal bisa menjadi tempat berkumpulnya jamur dan bakteri. Seiring berjalannya waktu, bentul bantal cenderung kempes atau menjadi rata serta tidak lembut sehingga tak nyaman digunakan. 

Baca juga: Tips Membuat Pengharum Alami Bantal dan Seprai untuk Membantu Tidur 

Namun, beberapa trik sederhana dapat mengembalikan bantal ke bentuk semula atau membuat kembali lembut.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Kamis (17/3/2022), berikut cara membuat bantal kembali empuk dan lembut seperti semula.

Cara membuat bantal kembali empuk 

Ilustrasi bantal di kasurFreepik.com/alexandercho Ilustrasi bantal di kasur
Menurut Sleep Advisor, bantal dapat kembali empuk dengan sedikit pijatan. Letakkan bantal di pangkuan Anda dan gunakan tangan untuk mendorong bantal masuk dan keluar selama 30 detik di kedua sisi.

Pastikan melakukannya pada seluruh permukaan bantal. Jika Amelihat beberapa bagian bantal yang tebal, pijat dengan lembut. 

Anda juga bisa memberikan udara segar untuk mengembalikan bantal ke bentuk awalnya. Gantung bantal di tali jemuran dengan jepitan, lalu pukul bantal dengan kepalan tangan Anda atau sesuatu yang ringan seperti gagang sapu. 

Baca juga: Kapan Perlu Mengganti Bantal? Kenali Ini Tanda-tandanya

Jangan gunakan apa pun yang berat seperti tongkat baseball ukuran penuh karena ini bisa merusak bantal.

Setelah bantal terlihat dan terasa lebih baik, letakkan di atas meja bersih di luar ruangan saat cuaca cerah. Udara segar dan cahaya cerah dapat membantu menguapkan kelembapan yang terperangkap di dalam kain.

Pastikan bantal terlindung dari puing-puing yang jatuh dan letakkan di tempat yang tidak dapat dijangkau hewan peliharaan dan burung

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mencuci Seprai dan Bantal agar Tidur Nyenyak?

Cara menjaga bantal tetap lembut saat dicuci

Ilustrasi bantal. FREEPIK/TIRACHARDZ Ilustrasi bantal.
Tim di Pillowinsider merekomendasikan mencuci bantal sesekali untuk menghilangkan kotoran dan keringat sehingga mengembalikan bentuknya serta membuat lembut. 

Namun, jangan letakkan bantal poliester di mesin cuci. Saat mencuci bantal bulu, pastikan mencuci dua sekaligus untuk keseimbangan dan gunakan air dingin, sabun lembut, bebas bahan tambahan, dan siklus putaran tercepat untuk menghilangkan semua sabun. 

Baca juga: Cara Mencuci dan Merawat Bantal agar Tetap Bersih dan Segar

Setelah itu, angkat bantal dan letakkan di pengering dengan dua atau tiga bola tenis atau boneka binatang kecil yang bersih. Bola tenis mencegah gumpalan dan bantal mengembang.

Selanjutnya, pijat bantal atau membiarkannya kering di luar ruangan. Trik ini juga bisa diterapkan pada bantal sofa, tetapi pastikan selalu membaca labelnya terlebih dahulu. 

Namun, lakukan trik ini bila bahan bantal bisa dicuci dengan mesin cuci. Dalam beberapa kasus, Anda juga dapat melepas sarung bantal, membersihkannya, dan mengganti isinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com