Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2022, 09:57 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk bisa hidup dan terus berkembang, kucing memerlukan air dalam kehidupan sehari-harinya.

Meskipun terkadang beberapa kucing mengabaikan air yang disediakan pemiliknya di tempat minumnya, bukan berarti mereka tidak minum sama sekali, namun mereka mencari air di tempat lain seain mangkuknya sendiri.

Dilansir dari Pet Barn, Kamis (17/3/2022), mangkuk kloset, bak mandi, keran dapur, kondensasi di jendela. Beberapa kucing minum air dari mana saja kecuali mangkuk air mereka sendiri yang sangat baik.

Baca juga: Menggemaskan! Ini 7 Ras Kucing Warna Abu-abu

Jika air yang tersedia tidak cukup segar dan bersih atau tidak tersedia air sama sekali, mungkin itu yang menjadi penyebab kenapa kucing tidak suka makanan kering yang biasa dimakannya.
SHUTTERSTOCK/JACK_PHOTO Jika air yang tersedia tidak cukup segar dan bersih atau tidak tersedia air sama sekali, mungkin itu yang menjadi penyebab kenapa kucing tidak suka makanan kering yang biasa dimakannya.

Meskipun membingungkan bagi manusia, kucing memiliki alasan yang sangat bagus untuk melakukannya seperti berikut ini. 

1. Air tawar

Kucing peliharaan Anda mungkin mencari air segar, bersih, dan diangin-anginkan. Pun bahkan air di kamar mandi cocok dengan hal itu.

Sebagai perbandingan, air di mangkuk kucing mungkin telah berada lebih lama dari yang diinginkan kucing, menjadi basi dan mengumpulkan lapisan rambut, debu, dan partikel lainnya sehingga mereka tidak mau meminumnya. 

2. Suhu air

Kucing mungkin mencari sumber air lain karena tidak menyukai air bersuhu ruangan. Seekor kucing yang meminum air di kamar mandi atau meminum sisa air mandi mungkin lebih menyukai airnya yang hangat.

 

Baca juga: Cara Membuat Kucing Mau Minum Air Lebih Banyak

Adapun kucing yang menjilat kondensasi dari jendela atau minum langsung dari keran mungkin menyukainya.

3. Bentuk dan ukuran mangkuk

Kucing Anda mungkin menghindari mangkuk airnya karena merasa tidak nyaman untuk meminumnya. Beberapa kucing tidak mau minum dari mangkuk yang dalam atau sempit karena mereka tidak suka kumisnya yang sensitif bergesekan dengan sisinya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com