Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencuci dan Merawat Bantal agar Tetap Bersih dan Segar

Kompas.com - 16/02/2022, 10:58 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain tempat tidur, bantal juga menjadi salah satu faktor penunjang kualitas tidur yang baik. Untuk itu memerhatikan kebersihan dan keadaan bantal menjadi hal yang sangat penting. 

Tanpa disadari, bantal dapat mengumpulkan beberapa hal yang agak menjijikkan seperti minyak tubuh, air liur, krim wajah, dan tungau debu.

"Ini adalah preferensi pribadi mengenai seberapa sering Anda harus mencuci bantal, tetapi Anda akan menjaganya tetap segar dengan mencucinya setidaknya dua kali setahun,” kata Mike Roberts, CEO WaveMAX Laundry, dilansir dari Country Living, Rabu (16/2/2022).

 

Baca juga: Ragam Cara Membersihkan Bantal yang Kotor dan Berbau Tanpa Mencucinya

Ilustrasi bantal di kasurFreepik.com/alexandercho Ilustrasi bantal di kasur

Selalu pastikan untuk membaca label perawatan sebelum mencuci. Umumnya, bahan poliester, bulu dapat dicuci dengan mesin, tetapi busa memori atau lateks tidak dapat dicuci.

Jika Anda tidak yakin jenis isian apa yang Anda miliki atau melepaskan labelnya, berhati-hatilah dan lakukan dengan cara lawas

Bawa bantal Anda keluar pada hari yang cerah, pukul dengan bersih gagang sapu, lalu biarkan di udara terbuka di bawah sinar matahari dan udara segar selama beberapa jam. Pun Anda dapat menyedot debu pada bantal.

Inilah semua hal lain yang perlu Anda ketahui agar bantal Anda tetap segar dan tahan lebih lama. 

Baca juga: Manfaat Menjemur Bantal di Bawah Sinar Matahari dan Cara Melakukannya

1. Gunakan sarung bantal

Tutupi bantal dengan pelindung bantal sebelum Anda memakai sarung bantal. Kemudian cuci ini setiap minggu saat Anda mencuci seprai.

"Di sela-sela mencuci, pukul bantal saat Anda merapikan tempat tidur setiap hari. Ini membantu mereka tetap padat dan mendistribusikan ulang isian untuk mengembalikan bentuknya," kata Roberts.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com