Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Menjemur Bantal di Bawah Sinar Matahari dan Cara Melakukannya

Kompas.com - 03/02/2022, 22:09 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan seprai dan selimut, bantal juga menjadi item tempat tidur yang dapat mengumpulkan banyak kotoran, keringat, bahkan air liur. 

Melansir dari One Good Thing, Kamis (3/2/2022), kondisi ini pada akhirnya dapat berdampak buruk pada bantal seperti kotor, lembap, serta bau apak.

Untungnya, ada solusi sederhana yang dapat membantu mengatasi semua masalah ini, yakni menjemur bantal di bawah sinar matahari

Baca juga: Simak, 7 Cara Memilih Bantal Sofa yang Tepat

Manfaat menjemur bantal di bawah sinar matahari 

Ilustrasi bantal. FREEPIK/TIRACHARDZ Ilustrasi bantal.
Sinar matahari dapat membunuh kuman dan bakteri. Hal ini menjadi alasan menjemur bantal di luar ruangan adalah ide bagus.

Selain itu, untuk menjemur bantal di bawah sinar matahari dapat membantu menghilangkan kelembapan yang mungkin terperangkap di dalam bantal. 

Baca juga: Bisakah Mencuci Bantal di Mesin Cuci? Ini Hal yang Harus Diperhatikan

Seperti diketahui, kelembapan dalam jumlah sedikit dapat menarik tungau debu dan kuman serta menghalangi kelembutan pada bagian atas bantal. 

Setelah beberapa jam dijemur di udara segar dan di bawah sinar matahari, bantal akan menjadi lebih bersih, lebih segar, dan lebih empuk. 

Baca juga: Jenis Bantal yang Sesuai dengan Posisi Tidur, Pilih yang Mana? 

Cara menjemur bantal di bawah sinar matahari 

Ilustrasi bantal. PIXABAY/MANBOB88 Ilustrasi bantal.
Untuk menjemur bantal di bawah sinar matahari, cobalah memilih hari yang cerah, hangat, dan tidak terlalu lembap atau berangin.

Sebab, kondisi cuaca yang lembap dapat mencegah bantal mengering sepenuhnya dan kotoran yang terbawa angin dapat membuat bantal lebih kotor dari sebelumnya. 

Mulailah dengan melepas sarung bantal dan penutup pelindung apa pun, letakkan bantal di luar di bawah sinar matahari penuh atau di atas kantong sampah jika permukaannya kotor. 

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Bantal Tanpa Mesin Cuci

Setelah beberapa jam, balikkan bantal untuk jemur sisi lainnya. Semakin lama meninggalkan bantal fi bawah sinar matahari dan udara segar, semakin baik.

Namun, dengan meletakkan selama satu hingga dua jam di bawah sinar matahari, bantal akan terasa lebih berbeda daripada sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com