Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Cara Membersihkan Bantal yang Kotor dan Berbau Tanpa Mencucinya

Kompas.com - 06/02/2022, 16:11 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci bantal dengan mesin cuci bukan pilihan tepat untuk banyak jenis bantal. Ada beberapa jenis bantal yang bisa dicuci menggunakan tangan.

Misalnya, untuk mencuci bantal yang terkena tumpahan atau noda, Anda bisa membersihkannya dengan baking soda atau semprotan alami buatan sendiri agar bantal tetap harum. 

Baca juga: Manfaat Menjemur Bantal di Bawah Sinar Matahari dan Cara Melakukannya

Penyedot debu atau rol serat juga membantu mengatasi masalah debu, ketombe, dan bulu hewan peliharaan yang menempel pada bantal tanpa kelembapan atau bahan kimia apa pun.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Minggu (6/2/2022), berikut ragam cara membersihkan bantal yang kotor dan berbau tanpa mencucinya. 

Baca juga: Simak, 7 Cara Memilih Bantal Sofa yang Tepat 

Cara menyegarkan bantal sofa

Ilustrasi bantal sofa.UNSPLASH/DESIGNECOLOGIST Ilustrasi bantal sofa.

Seiring waktu, bantal yang tidak dibersihkan atau disedot akan terlihat kotor, berbau, dan berdebu yang sulit dihilangkan.

Untuk bantal sofa dan bantal tempat tidur yang disimpan di area berdebu tanpa sarung bantal, membersihkan bantal dengan metode dry cleaning secara teratur dapat membantu menjaga bantal bebas debu.

Menurut Good Housekeeping, bantal juga perlu dibersihkan dengan menyedot debu menggunakan sikat pelapis jok atau rol serat.

Rol serat dapat menarik bulu hewan peliharaan dan serat kain kecil yang longgar. Bisa pula mengenakan sarung tangan karet serta usap bantal untuk mengangkat dan menghilangkan bulu hewan peliharaan. 

Baca juga: Bisakah Mencuci Bantal di Mesin Cuci? Ini Hal yang Harus Diperhatikan 

Cara mencuci bantal yang terkena tumpahan

Ilustrasi bantal di kasurFreepik.com/alexandercho Ilustrasi bantal di kasur
Ketika bantal untuk tidur atau sofa terkena tumpahan cairan, segera sedot cairan sebanyak mungkin untuk mencegahnya meresap jauh ke dalam bantal. Lebih jauh lagi, cairan itu bisa meninggalkan noda atau asam.

Untuk menyerapnya, gunakan tisu atau kain penyerap putih untuk menghilangkan cairan. Hindari mengenakan kain berwarna karena dapat mentransfer warna ke bantal sehingga menimbulkan masalah lain.

Setelah sebagian besar kelembapan terserap, bersihkan kembali area yang basah dengan spons basah atau kain putih. 

Baca juga: Jenis Bantal yang Sesuai dengan Posisi Tidur, Pilih yang Mana?

Selanjutnya, menyeka bantal sampai cairan yang tumpah tidak lagi terlihat dan keringkan kelembapannya kembali menggunakan handuk kertas kering atau kain putih.

Biarkan bantal mengering pada area terlindung di luar ruangan atau sandarkan pada kaki meja untuk memungkinkan aliran udara masuk dan nyalakan kipas angin di dalam ruangan.

Anda juga bisa menggunakan larutan sabun cuci piring dan air untuk membantu menghilangkan tumpahan dan zat lengket dari berbagai jenis bantal, termasuk bantak kulit. 

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Bantal Tanpa Mesin Cuci 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com