Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2022, 16:37 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Apakah kamu seringkali mendapati kucing peliharaanmu hamil? Masa kehamilan kucing memang lebih pendek daripada manusia. Selain itu masa kawinnya juga terhitung sering, apalagi setelah kucing mengalami masa pubertas.

Beberapa pemilik kucing memilih untuk mensteril kucing mereka. Dengan melakukan steril, ini akan mengurangi resiko kehamilan, menghambat populasi pada kucing dan alasan kesehatan seperti resiko tumor, infeksi, dll.

Melansir dari The Spruce Pets, Sabtu (19/3/2022), berikut ini ialah penjelasan mengenai masa reproduksi kucing dari pubertas hingga mengalami kehamilan.

Baca juga: Cermati, Ini Penyebab Kulit Kering pada Kucing

Masa pubertas

Mirip dengan manusia, kucing juga mengalami masa pubertas yang bervariasi. Hal ini tergantung pada faktor genetik dan lingkungan dimana mereka tinggal. Masa saat mengalami masa pubertas, kucing mungkin mulai menunjukkan perubahan perilaku.

Masa ini dialami kucing kira-kira di usia 5-9 bulan, ia akan mulai sering mengeluarkan suara lolongan dan menunjukkan kasih sayang pada pemiliknya. Perubahan perilaku ini disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh kucing.

Baca juga: Cara Mengobati Scabies pada Kucing, Bisa Pakai Minyak Zaitun

Kesuburan seksual

Setelah kucing mengalami masa pubertas, ia siap untuk kawin. Sama seperti kelinci, umumnya siklus birahi kucing dapat terjadi setiap 14 hingga 21 hari.

Biasanya kucing peliharaan akan tertarik untuk keluar rumah dan mulai mengeluarkan suara lolongan untuk menarik lawan jenis.

Jika kucing kawin dengan beberapa kucing berbeda, sangat mungkin untuk menghasilkan anak kucing dari beberapa pejantan. Beberapa pemilik kucing memutuskan untuk mensteril kucing untuk alasan kesehatan.

Baca juga: Kenali, Ini Gejala Scabies pada Kucing yang Tidak Boleh Disepelekan

Masa kehamilan

Ilustrasi kucing hamil.PIXABAY/ABUBIBOLABU Ilustrasi kucing hamil.

Setelah hamil, masa kehamilan kucing kira-kira 2 bulan, sehingga memungkinkan untuk melahirkan sebanyak lima anak kucing dalam setahun. Beberapa tanda kucing sedang hamil diantaranya:

  • Puting kucing mulai menggelap dan membesar karena tubuh kucing sedang bersiap untuk menyusui anaknya.
  • Nafsu makannya meningkat dan perutnya membengkak
  • Saat mendekati akhir kehamilannya, kucing akan mulai bersarang dengan mencari-cari tempat terpencil untuk membuat tempat bersalin yang nyaman.

Jika kucing peliharaan menunjukkan tanda-tanda kehamilan, sebaiknya segera periksakan ke dokter hewan.

Beberapa kucing dapat mengalami kehamilan semu di mana mereka mengalami semua gejala kehamilan, termasuk menyusui, tanpa benar-benar hamil.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele, Ini Bahaya Kucing Tidak Bisa Buang Air Kecil

Apakah kucing bisa menopause?

Kucing mengalami menopause adalah mitos. kesuburan kucing dapat menurun seiring bertambahnya usia, mengurangi kemungkinannya memiliki banyak anak dalam satu tahun, bahkan kucing geriatri dapat melahirkan.

Namun kehamilan di usia lanjut bagi kucing dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi anak dan induk kucing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com