Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hal yang Menyebabkan Induk Kucing Memakan Anaknya Sendiri

Kompas.com - 11/03/2022, 20:40 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Apakah kamu pernah melihat induk kucing memakan anaknya sendiri? Kamu pasti akan bertanya-tanya alasan yang mendasari induk kucing tega melakukan hal ini.

Induk kucing sangatlah mencintai anak-anaknya, namun ternyata ada beberapa hal yang membuatnya harus memakan anaknya sesaat setelah lahir.

Salah satu faktor yang mendasari perilaku ini ialah faktor keselamatan dan juga kesehatan baik untuk induk maupun anak kucing.

Melansir dari Hepper, Jumat (11/3/2022), berikut ini merupakan 7 penyebab induk kucing memakan anaknya sendiri.

Baca juga: Kucing Obesitas? Ini Cara Mengontrol Pola Makan Berlebih

Anak kucing tidak sehat

Salah satu alasan induk kucing memakan anaknya sendiri ialah karena anak kucing sakit dan tidak mungkin untuk hidup. Induk kucing akan memakan anak kucing untuk mencegahnya menderita.

Kucing memiliki lebih dari 200 juta sensor bau di hidungnya, dan mereka dapat menggunakan indra penciumannya yang tajam untuk mendeteksi hal-hal yang tidak dapat kita cium.

Salah satu hal yang dapat mereka cium adalah penyakit. Anak kucing yang tidak sehat dapat membahayakan anak kucing lainnya karena jika mati, bakteri dapat menyebar dengan cepat, membuat anak kucing lainnya rentan.

Baca juga: 7 Ras Kucing Berwarna Biru Keabu-abuan, Lucu dan Menggemaskan

Lahir dalam keadaan mati

Anak kucing yang mati bisa dengan cepat menyebarkan bakteri ke anak kucing lain yang masih hidup.

Sehingga induk kucing tidak punya pilihan selain memakan anaknya ketika ia lahir dalam keadaan tidak bernyawa.

Baca juga: 12 Fakta Menarik Kucing Munchkin, Si Gesit yang Berkaki Pendek

Anak kucing dalam bahaya

Berat badan anak kucing juga merupakan hal lain yang perlu diperhatikan jika mencari cara merawat anak kucing baru lahir.SHUTTERSTOCK/HELENA LOPES Berat badan anak kucing juga merupakan hal lain yang perlu diperhatikan jika mencari cara merawat anak kucing baru lahir.

Induk kucing sangat posesif di minggu pertama setelah anaknya lahir. Ketika ada manusia yang mendekati tempat persembunyiannya, ia akan segera memindahkan anak-anaknya.

Jika proses pemindahan terlalu sulit, induk mungkin saja mulai memakan anak-anaknya terutama di alam liar.

Di alam liar, kucing menghadapi bahaya dari berbagai predator yang mungkin menganggap anak kucing sebagai makanan yang mudah, dan induknya mungkin memakan anak kucing untuk mengurangi stres jika dia merasa tidak aman. Kucing rumahan lebih merasa aman dan lebih memilih untuk memindahkan anaknya.

Baca juga: Apakah Kucing Suka Mendengarkan Musik? Simak Penjelasannya

Stres setelah proses lahiran yang panjang

Beberapa kucing dapat melahirkan selama tiga hari atau lebih. Meskipun kucing mungkin makan dan minum selama waktu ini, prosesnya bisa sangat melelahkan.

Persalinan yang lama sering kali membuat kucing kelaparan, dan mungkin memakan anak kucing untuk mendapatkan kembali beberapa nutrisi yang hilang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com