Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kucing Berjalan Pincang? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 06/03/2022, 17:36 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Jika kamu menemukan kucing peliharaa mu jalan dengan kaki pincang, kamu mungkin akan bertanya-tanya penyebabnya. Sebaiknya segera periksa kaki kucing, apakah ada duri atau luka yang terbuka pada kaki kucing.

Selain akibat dari duri atau luka, pincang pada kaki kucing juga dapat disebabkan hal lain seperti masalah pada syaraf dan sendi.

Melansir dari Vet of The Rockies, Minggu (6/3/2022), jika kamu melihat tanda-tanda seperti bengkak, kemerahan, darah, dan kucing mulai lesu sebaiknya segera bawa kucing ke dokter hewan. Berikut ini adalah beberapa penyebab kaki kucing tiba-tiba pincang dan cara mengatasinya.

Baca juga: 5 Alasan Kucing Menutupi Wajahnya Saat Tidur

Masalah ortopedi

Salah satu penyebab masalah ortopedi pada kucing adalah saat ia melompat dari ketinggian. Kucing memang ahli dalam melompat, namun ketika ia tidak siap untuk jatuh kemungkinan terjadi masalah pada pergelangan kakinya.

Hal ini seringkali dialami oleh kucing yang masih muda atau kucing tua dengan masalah persendian. Untuk itu sebaiknya pastikan jendela atau balkon aman agar kucing tidak jatuh ke area bawah.

Masalah ortopedi lainnya seperti keselo patellar atau tempurung tutut yang tidak pada tempatnya juga dapat menyebabkan pincang. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan agar kucing mendapatkan pertolongan.

Baca juga: 5 Alasan Kucing Menutupi Wajahnya Saat Tidur

Arthritis

Pincang, perubahan dalam berjalan, kaku, dan kesulitan melompat atau memanjat dapat berarti bahwa kucing peliharaan mu semakin tua dan mereka menderita nyeri sendi artritis.

Jika kucing tetap pincang atau dengan gejala nyeri lainnya dan tidak membaik dalam 24 jam, bawalah kucing ke dokter hewan agar segera di tangani.

Baca juga: Apa Penyebab Bulu Kucing Kusut?

Kardiovaskular

Jika kaki belakang kucing tidak berfungsi, bisa jadi ini merupakan masalah kardiovaskular. Kelemahan kaki belakang dapat terjadi pada kucing yang memiliki penyakit jantung yang dikenal sebagai kardiomiopati hipertrofik (HCM).

Penyakit ini menyebabkan penebalan otot jantung, yang dapat menyebabkan pembekuan darah yang mengganggu suplai darah ke kaki belakang, yang dikenal sebagai feline aortic thromboembolism (FATE). jika kucing menyeret salah satu atau kedua kaki belakangnya, sebaiknya segera bawa ke dokter.

Baca juga: Kucing Tersetrum Listrik, Apa yang Harus Dilakukan?

Neurologis

Jika kucing tiba-tiba pincang dan tidak ada indikasi penyakit ortopedi, jaringan lunak, jantung, atau penyakit lainnya yang jelas, dokter hewan atau spesialis akan mempertimbangkan kemungkinan masalah neurologis.

Sama seperti manusia, kucing yang lebih tua (sembilan tahun atau lebih) dapat mengalami cedera neurologis. Cedera ini menyebabkan hilangnya gerakan, termasuk stroke atau kompresi pada sumsum tulang belakang, penyakit cakram intervertebralis atau IVDD, yang terjadi ketika bantalan bantalan di antara tulang belakang mengeras.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kucing Suka Memijat Pemiliknya

Cara mengatasi dan membantu kucing yang pincang

Ilustrasi kucing - Kucing Ragdoll.SHUTTERSTOCK / VeronArt16 Ilustrasi kucing - Kucing Ragdoll.

Saat kucing berjalan dengan pincang, salah satu saran terbaik ialah konsultasikan dengan dokter hewan agar kucing mendapatkan treatment yang sesuai. Selain itu kamu bisa melakukan hal berikut ini untuk membatu kucing merasa lebih baik:

  • Bawa kucing ke dokter hewan, dokter akan melakukan X-ray untuk memeriksa apakah terdapat retakan atay tulang yang patah pada kucing.
  • Hindari memberikan obat pereda nyeri manusia tanpa resep dokter hewan, obat manusia dapat berbahaya dan beracun bagi kucing.
  • Bantu kucing dengan meletakkan tempat buang air, wadah minum dan makan di area yang mudah dijangkau. Letakkan tempat tidurnya di area yang jarang di lalui manusia agar kucing merasa tenang.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com